Thursday, April 10, 2008

Pempek Adaan

Ada bermacam-macam pempek, lenjer, kapal selam, lenggang dan adaan. Pempek adaan ini agak berbeda sedikit dalam pembuatannya karena adonan langsung digoreng tanpa direbus dulu. Dan kalau mengikuti prosedur resep dengan benar, dijamin ga bakalan keras deh walaupun dah disimpan 2 hari dalam wadah tertutup di suhu kamar. Kalo lebih dari 2 hari gimana?? Wah belum nyoba tuh, soalnya dah keburu habis. Hihihi... Bikin yuuk....!

Bahan :
250 gr fillet ikan tenggiri (saya ganti ikan iwashi)
1 butir telur
2 siung bawang putih dihaluskan
3 batang daun bawang kecil, diiris
100 ml air es
120 gr tepung kanji
1/4 sdt gula
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Saus Cuko : (ukurannya pake kira-kira aja ya..)
Gula merah
Cabe rawit, dihaluskan
Bawang putih, dihaluskan
Udang kering, dihaluskan
Asam atau cuka
Air
Garam

Pelengkap : irisan ketimun

Cara membuat :
1. Haluskan daging ikan dengan food processor atau blender sampai menggumpal. Tambahkan telur dan bawang putih, process kembali.
2. Masukkan air, process sebentar lalu tambahkan tepung kanji, gula dan garam. Process sampai tercampur rata.
3. Pindahkan adonan ke dalam wadah, tambahkan irisan daun bawang aduk dengan sendok.
4. Buat bulatan dengan 2 sendok lalu cemplungkan ke dalam minyak goreng panas. Masak dengan api sedang sampai matang.
5. Buat saus cuko dengan mencampur semua bahan lalu direbus hingga mendidih.
6. Sajikan pempek adaan dengan saus cuko dan irisan ketimun.

12 comments:

elsye said...

Shin aku belum pernah coba bikin mpek2 disisni, cari sawara sampe sekarang ga kesampean..:))))...katanya ada yang udah hancur ya ikannya...:D

btw mpek2nya keliatan enak banget :P

Shinta said...

Mbak Elsye, aku kalo bikin pempek atau olahan ikan lainnya ga harus pake tenggiri. Bisa pake ikan apa aja asalkan daging ikannya berserat halus. Cuma cita rasanya ya jadi beda tergantung jenis ikan. Tapi tetap maknyoos kok :D

Aku pernah liat iwashi surimi (tsurimi?) -ikan yang sudah dihaluskan- di supermarket. Tapi kalo sawara belum pernah ketemu jee...

Lala said...

Aduh Shinta, kamu itu seakan selalu menyediakan apa yang sedang terlintas dalam pikiran aku deh.

Aku lagi pengen nih coba bikin mpek-mpek sendiri. Nanti kalau waktunya sudah luang aku mau coba bikin ah...

Tx ya dear ^_^

Shinta said...

Lala, aku ga punya sixth sense membaca pikiran lho... Selamat mencoba resep pempek adaan ya.. :)

Anisa said...

kayaknya uenak banget.Secara aku belum pernah coba bikin ini.
Bikinnya juga gak seribet yang kubayangkan. Kapan ya aku bisa coba..

Shinta said...

mbak Nisa, bikinnya emang gampang kok.. aku kan emang suka resep yang gampang dan praktis. Ayoo, silahkan dicoba mbak :D

Anonymous said...

Shinta, thanks boleh nyontek resepnya.. .tapi.... kayaknya aku buat pasti gagal deh...
Mpek2 adaan fave ku.. tapi.. bisa ga ya... kalo yg biasa agak lumayan hasilnya, tapi ga pakai air. kmrn buat pakai air, kacau balau deh kayak lem jdnya.. lem goreng...keras pula...

Salam... wuri

Moi Kusman said...

Terima kasih Shinta resepnya sudah aku contek. Salam kenal.

Body Guard said...

Mbak, saya pernah coba buat pempek adaan, begitu saya masukan santan adonan jadi lembek sehingga susah dibulat bulat,kenapa ya

Shinta said...

Halo Body Guard,
Memang adonan adaan ini agak lembek dibanding adonan pempek lainnya sehingga perlu sendok saat membentuk bulat-bulat. Kalo dirasa terlalu lembek, air es-nya bisa dikurangi.
Semoga menbantu ya.. Trims dah mampir :)

Grace said...

hi mba shinta makasi resepnya. bole tau ukuran lebih spesifik utk bahan kuahnya? tiap x aku ikutin resep `secukupnya` slalu krg pas :s n bole tau ini utk brp porsi ato dpt brp adaan? makasi sblmnya n salam kenal, grace.

Shinta said...

@ Grace,
resep cuko yang lebih detil silahkan klik http://shinta-littlekitchen.blogspot.com/2013/04/pempek-udang.html.
Resep ini, kalo ga salah jadinya 12-14 potong. Tergantung selera juga sih.. mau dibuat ukuran kecil atau besar.