Thursday, 10 April 2008

Pempek Adaan

Ada bermacam-macam pempek, lenjer, kapal selam, lenggang dan adaan. Pempek adaan ini agak berbeda sedikit dalam pembuatannya karena adonan langsung digoreng tanpa direbus dulu. Dan kalau mengikuti prosedur resep dengan benar, dijamin ga bakalan keras deh walaupun dah disimpan 2 hari dalam wadah tertutup di suhu kamar. Kalo lebih dari 2 hari gimana?? Wah belum nyoba tuh, soalnya dah keburu habis. Hihihi... Bikin yuuk....!

Bahan :
250 gr fillet ikan tenggiri (saya ganti ikan iwashi)
1 butir telur
2 siung bawang putih dihaluskan
3 batang daun bawang kecil, diiris
100 ml air es
120 gr tepung kanji
1/4 sdt gula
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Saus Cuko : (ukurannya pake kira-kira aja ya..)
Gula merah
Cabe rawit, dihaluskan
Bawang putih, dihaluskan
Udang kering, dihaluskan
Asam atau cuka
Air
Garam

Pelengkap : irisan ketimun

Cara membuat :
1. Haluskan daging ikan dengan food processor atau blender sampai menggumpal. Tambahkan telur dan bawang putih, process kembali.
2. Masukkan air, process sebentar lalu tambahkan tepung kanji, gula dan garam. Process sampai tercampur rata.
3. Pindahkan adonan ke dalam wadah, tambahkan irisan daun bawang aduk dengan sendok.
4. Buat bulatan dengan 2 sendok lalu cemplungkan ke dalam minyak goreng panas. Masak dengan api sedang sampai matang.
5. Buat saus cuko dengan mencampur semua bahan lalu direbus hingga mendidih.
6. Sajikan pempek adaan dengan saus cuko dan irisan ketimun.
Post a Comment