Tuesday, 28 June 2016

Menyiapkan Teh Manis dalam Dispenser

Saya ingin berbagi pengalaman tentang menyiapkan teh manis dalam porsi banyak menggunakan drink jug / dispenser.

Terus terang saya tidak berpengalaman menyediakan minuman teh manis dalam porsi banyak. Biasanya hanya menyediakan teh tawar dalam dispenser dan sugar stick. Akhir pekan lalu, saya kebagian tugas menyiapkan teh manis untuk acara bukber di masjid komplek perumahan. Manis di sini maksudnya, teh yang ada dalam dispenser sudah dicampur dengan gula. Ada 3 dispenser dengan kapasitas 16, 13 dan 10 liter.

Saat dispenser itu diantar petugas RT ke rumah, saya sempat tanyakan berapa takaran gula dan tehnya? Jawaban tidak pasti. Dan saya disarankan untuk mencicipi saja. Padahal saat itu sedang berpuasa, jadi saya coba browsing tentang takarannya dan tertarik dengan tips yang ada di sini. Karena minuman ini untuk bukber, request dari pengurus adalah teh manis hangat. Jadi takarannya saya sesuaikan untuk teh tanpa es. Untuk yang suka pakai es, silahkan mengkuti resep pada link di atas.

Untuk dispenser 10 liter, takaran dan cara membuatnya sebagai berikut :

800 gr gula pasir
1 kotak teh poci vanila @ 50 gr
1 bungkus teh cap Botol @ 40 gr
9 liter air

Cara membuatnya  :
1. Panaskan 3 liter air sampai mendidih, lalu seduh kedua teh selama 15-30 menit didalam panci atau wadah tahan panas yang bertutup.
2. Panaskan gula dengan 2 liter air hingga semua larut dan mendidih. Tuang ke dalam dispenser.
3. Campurkan cairan teh dan larutan gula.
4. Panaskan sisa air hingga mendidih, gunakan untuk menyeduh sisa teh tadi. Karena 1x seduh, warnanya masih bisa keruh. Lakukan beberapa kali hingga seduhan menjadi berwarna bening. Bila air panasnya masih bersisa, tambahakan saja ke dalam dispenser.

Notes :
- Untuk dispenser 13 liter, gunakan 1 kg gula, 1,5 kotak teh poci, 1,3 bungkus teh cap Botol dan 12 liter air.
- Untuk dispenser 16 liter, gunakan 1,2 kg gula, 2 kotak teh poci, 2 bungkus teh cap botol dan 15 liter air.

Selamat mencoba!

Monday, 6 June 2016

Martabak Sayur Mini


Hari pertama puasa nih. Selamat berpuasa semoga Ramadhan tahun ini menjadikan diri kita semakin baik dibanding sebelumnya.

Ini martabak sayur yang dibuat beberapa hari yang lalu. Dibuat dgn memakai kulit lumpia siap pakai. Isinya campuran telur, kubis dan daun bawang. Prosesnya gampang banget, hanya perlu menjaga api kompor jangan terlalu besar sehingga kulit dan isinya bisa matang sempurna (tidak basah).

Martabak sayur ini bisa dijadikan cemilan ataupun lauk. Dinikmati dengan cabe rawit, saos sambal ataupun sambal pecel juga cocok lho.... Silahkan dicoba ya.

Monday, 30 May 2016

Snack Box : Puding, Brownies, Sus Kering & Salad Buah

Akhir pekan kemarin disibukkan dengan snack box ini. Isinya puding susu strawberry, brownies panggang, sus kering dan salad buah. Snack box ini pesanan TK Khalifah untuk acara pentas seni dan kelulusan. Lumayan banyak juga pesanannya karena snack untuk anak sekalian orang tuanya. Pasti gempor kalo dikerjain sendiri. Untungnya ada partner, mbak Fani (tetangga) jadi terbantu banget deh. Makasih sudah order ya.

Ada yang mau order juga?? Minimal 20 box ya dear..... ;)

Thursday, 19 May 2016

Menu Puasa 2016 (1437 H)

Sebentar lagi kaum muslimin akan menjalani ibadah puasa Ramadhan. Di bulan puasa sering kali urusan menu menjadi bahan pikiran ibu-ibu (sebagian ya... ada juga yang santai saja). Kalau saya termasuk yang memikirkan menu karena ingin menyediakan makanan yang selain sedap tapi juga tidak membosankan untuk anggota keluarga. Namun tentu saja yang mudah untuk saya kerjakan. Sehingga tidak ribet atau terlalu lama di dapur. Dan menu di keluarga kami, menghindari santan. Kalaupun terpaksa ya pakai santan yang encer.

Menurut saya, menu makanan selama bulan puasa itu tidak perlu banyak porsinya tapi lebih kepada variasi yang berbeda seriap hari. Kalau menuruti nafsu, semua makanan ingin dimakan. Padahal kapasitas perut kita kan terbatas juga. Jangan sampai kekenyangan sehingga melalaikan ibadah lainnya. Di situlah kita perlu mengendalikan diri :)

Berikut ini contoh pengaturan menu selama 10 hari puasa. Untuk hari ke-11 bisa disamakan dengan hari pertama. Atau bahannya sama tapi bumbunya dibedakan. Contoh gurame asam manis diganti ikan bawal saus tiram/bumbu tauco, sayur cah ceriwis/cuciwis/baby cabbage. Hari ke-12 misalnya diganti soto ayam dan perkedel. Pokoknya silahkan saja berkreasi sesuai selera.
Klik pada gambar untuk lebih jelas
Seperti postingan sebelumnya, ada beberapa makanan yang bisa disiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum puasa dimulai. Seperti kering kentang, kering tempe, rolade ayam dan juga tempe/tahu bacem. Ga ada salahnya kan kalo dipersiapkan lebih dahulu. Terus, kalau mengungkep ayam, bumbunya jangan dibuang. Masukkan ke dalam wadah tertutup, lalu simpan di freezer nanti bisa digunakan untuk bumbu soto ayam. Jadi tidak perlu membuat semua bumbu dari awal. Atau kalau waktunya mepet, bikin saja masakan all in one seperti daging cah brokoli, cah kangkung ayam/seafood, rolade cah brokoli jagung dll. All in one maksudnya protein dan sayur dalam satu piring, lebih praktis kan?!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Dapur mungil mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Shaum Ramadhan.

Contoh menu lain yang pernah posted : 1, 2 dan 3. Resep untuk menu tersebut tersedia di dapur ini, 'search' aja ya....