Wednesday, April 30, 2008

Pandan Chiffon Cake

Finally, I could make good taste and good looking chiffon cake. Yes, I did it!

Duluuu... pertama kali nyoba, pake resep chocolate chiffon cake. Mau tahu hasilnya?? Bantat dengan sempurna. Penampakannya seperti brownies yang pake loyang tulban. Trus sebelum ini, nyoba bikin pandan chiffon cake (pake resep Ibu Fatmah Bahalwan NCC). Hasilnya udah seperti chiffon tapiii.... kapasitas loyang tidak sesuai dengan kuantitas bahan-bahan pada resep. Loyang yang saya punya, diameter 17 cm. Waktu itu pake setengah resep, adonan dituang sampai 3/4 tinggi loyang masih bersisa dan sisanya saya tuang ke loyang muffin, dipanggang pada suhu 180 derajat C selama 40 menit. Hasilnya mengembang dengan sukses sampe keluar dari loyang alias tumpah dan gosong permukaannya.

Dari kejadian itu dapat pelajaran berharga, khususnya buat saya yang masih beginner dalam dunia per-baking-an. Penting sekali membaca resep dengan teliti. Lalu pergauli dan kenali loyang serta oven yang kita punya (maaf, kalo bahasanya kurang pas) dengan baik. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Apa hubungannya ya??? Cari sendiri deh hubungannya. Trus yang ga kalah penting, usahakan untuk menyebutkan ukuran loyang pada saat posting resep, terutama resep cake.

Berikut ini resep pandan chiffon cake yang sudah disesuaikan dengan ukuran loyang dan kondisi oven saya. Untuk loyang diameter 20-22 cm, gunakan 1,5 resep dibawah ini.

Bahan A :
100 ml putih telur (3 putih telur M size)
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt air lemon

Bahan B :
3 butir kuning telur
20 gr gula pasir
5 gr susu bubuk (saya pake creamer powder)
5 gr tepung maizena
55 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
40 ml salad oil
40 ml santan kekentalan sedang /susu cair
1 sdt pandan pasta



Cara membuat :
1. Kocok putih telur (bahan A) sambil ditambahkan gula sedikit demi sedikit, garam dan air lemon. Kocok sampai mengembang lalu sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula (bahan B) sampai kental. Lalu turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu dan santan/susu cair secara berseling. Tambahkan pandan pasta, kocok sampai rata.
4. Masukkan salad oil sambil diaduk dengan spatula hingga rata.
5. Tambahkan kocokan bahan A sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula. Bila kocokan bahan A berair pada bagian bawahnya, cukup ambil busanya saja.
6. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon diameter 17 cm.
7. Panggang pada suhu 170 C selama 20 menit, kemudian lanjutkan dengan suhu 160 C selama 10-15 menit.
8. Keluarkan dari oven, biarkan cake menjadi dingin dengan membalikkan loyang. Kalo perlu sanggah dengan botol. Nanti cake akan lepas sendiri dari loyang.

Aannddd..... beginilah hasilnya!

lowongan investasi kerja di internet

21 comments:

chenmarlin said...

saya juga belum berhasil bikin chiffon cake, tapi rasanya resepnya lain lho, kapan2 saya contek yah, tfs.

Dwiana P said...

gw bikin juga pandan cake waktu itu, tapi gk bener2 chiffon cake krn telurnya tidak dipisah waktu mengocok. yg ini bener2 chiffon cake nih. kudu dicoba kalau dah ada waktu. Tapi ngeri gk jadi euy

Judith said...

Mau donk ciffon cakenya ...

Shinta said...

Chenmarlin dan mbak Dwi, silahkan dicoba resepnya. Gampang kok... Jangan takut gagal ya, dicoba aja dulu. Peace...

Mbak Judith, silahkan dicomot mbak. Mumpung masih ada tuh... :D

Li@ said...

kue kesukaanku nih ;)

salam kenal
Lia

Anisa said...

dulu aku pernah bikin ini dan sukses, foto hilang bersamaan dgn jebolnya hardisk hiks2.. habis gitu lupa dan belum bikin lagi. oishii so..

Shinta said...

Li@, salam kenal juga ya... And thanx for stopping by.

Mbak Anisa, kalo mau bikin lagi silahkan dicontek resepnya. Ga dipungut bayaran kok :D jangan lupa difoto ya...

Mr. Eagle said...

wow mau dong eagle sis....jadi laper nih... dini hari liat makanan ....

catharina said...

Tolong tanya,bagaimana caranya supaya cfiffon cake nggak pecah permukaannya,karena selama ini saya buat selalu pecah permukaannya,padahal nggak pakai api atas.

helda said...

Saya jg bikin, atasnya pecah.. :(
gimana ya caranya biar gak pecah atasnya.. sebaiknya pake oven api atas vawah atau api bawah saja..
Mohon masukannya ya mbak sinta.. makasih seblumnya..

Shinta said...

Catharina & Helda :
Selama ini saya selalu pake api bawah aja kalo baking chiffon.
Mungkin saat memanggang suhu oven diturunkan biar ga terlalu panas. Misalnya total waktu baking 30 menit, 10 menit pertama 180 C trus dilanjutkan dengan suhu 170 atau 160 C.

Semoga membantu ya... Salam baking!

helda said...

makasih Mbak Sinta sarannya..
sebelumnya aku pernah bikin sponge cake jg, tp bantat..
Apa untuk sponge cake, ovennya pake api bawah juga?
Mbak Sinta pake jenis oven apa mbak? oven listrik biasa atau oven yang udah nyatu sama kompor?
sori klo banyak nanya ya mbak.. Aku pemula nih dalam urusan perbakingan.. :D

Shinta said...

Helda, untuk sponge cake aku sy jg pake cara suhu tutun bertahap gitu.Api bawah aja.
Selama ini masih pake microwave oven. Kalo pas baking di rumah ibu, pake oven listrik dan api bawah juga.

Yuuk.. kita sama-sama belajar baking :)

Anonymous said...

Hello, I want to bake a Chiffon cake and came to your site.Your cake is lovely and delicious to eat. It is difficult to find the right recipe and good sponge. Do you have the recipe in English?
Thanks
Rose

Mamiek said...

Hi...salam kenal. Sy seminggu yg lalu beli loyang chiffon cake tp blm sempet coba bikin. Cari2 resep koq sptnya resep ini yg plg sreg deh. Gak terlalu byk macam dan ukuran bahannya, jg masih ramah kantong (iritkantong.com)...jd tertantang utk coba bikin cake jenis ini niiih....

umiabie said...

terima kasih atas info resepnya.

sophia_mahdaly said...

aq pernah coba buat cake ini, selama dlm oven dia mengembang, tapi setelah masak n dingin kok malah ciut trus bantet deh, mengapa ya kok bisa bgt,, padahal peralatan semuanya kering bebas dari air. :) butuh masukan ne

sari sutrasnowo said...

mb, makasih ya resepnya. ijin copy bwt praktek di rumah. makacih...

Shanti Fahlevi said...

Sudah dicoba dan berhasiil.. Makasih yaa..;)

wira90184@gmail.com said...

mom, kalo ngga pake baking powder bisakah?

Shinta said...

@Wira, aku blm pernah bikin cake ini tanpa b.powder. Tapi kayaknya bisa deh... Selamat mencoba :)