Wednesday, 30 April 2008

Pandan Chiffon Cake

Finally, I could make good taste and good looking chiffon cake. Yes, I did it!

Duluuu... pertama kali nyoba, pake resep chocolate chiffon cake. Mau tahu hasilnya?? Bantat dengan sempurna. Penampakannya seperti brownies yang pake loyang tulban. Trus sebelum ini, nyoba bikin pandan chiffon cake (pake resep Ibu Fatmah Bahalwan NCC). Hasilnya udah seperti chiffon tapiii.... kapasitas loyang tidak sesuai dengan kuantitas bahan-bahan pada resep. Loyang yang saya punya, diameter 17 cm. Waktu itu pake setengah resep, adonan dituang sampai 3/4 tinggi loyang masih bersisa dan sisanya saya tuang ke loyang muffin, dipanggang pada suhu 180 derajat C selama 40 menit. Hasilnya mengembang dengan sukses sampe keluar dari loyang alias tumpah dan gosong permukaannya.

Dari kejadian itu dapat pelajaran berharga, khususnya buat saya yang masih beginner dalam dunia per-baking-an. Penting sekali membaca resep dengan teliti. Lalu pergauli dan kenali loyang serta oven yang kita punya (maaf, kalo bahasanya kurang pas) dengan baik. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Apa hubungannya ya??? Cari sendiri deh hubungannya. Trus yang ga kalah penting, usahakan untuk menyebutkan ukuran loyang pada saat posting resep, terutama resep cake.

Berikut ini resep pandan chiffon cake yang sudah disesuaikan dengan ukuran loyang dan kondisi oven saya. Untuk loyang diameter 20-22 cm, gunakan 1,5 resep dibawah ini.

Bahan A :
100 ml putih telur (3 putih telur M size)
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt air lemon

Bahan B :
3 butir kuning telur
20 gr gula pasir
5 gr susu bubuk (saya pake creamer powder)
5 gr tepung maizena
55 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
40 ml salad oil
40 ml santan kekentalan sedang /susu cair
1 sdt pandan pasta



Cara membuat :
1. Kocok putih telur (bahan A) sambil ditambahkan gula sedikit demi sedikit, garam dan air lemon. Kocok sampai mengembang lalu sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula (bahan B) sampai kental. Lalu turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu dan santan/susu cair secara berseling. Tambahkan pandan pasta, kocok sampai rata.
4. Masukkan salad oil sambil diaduk dengan spatula hingga rata.
5. Tambahkan kocokan bahan A sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula. Bila kocokan bahan A berair pada bagian bawahnya, cukup ambil busanya saja.
6. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon diameter 17 cm.
7. Panggang pada suhu 170 C selama 20 menit, kemudian lanjutkan dengan suhu 160 C selama 10-15 menit.
8. Keluarkan dari oven, biarkan cake menjadi dingin dengan membalikkan loyang. Kalo perlu sanggah dengan botol. Nanti cake akan lepas sendiri dari loyang.

Aannddd..... beginilah hasilnya!

lowongan investasi kerja di internet
Post a Comment