Thursday, 25 December 2008

Masak Bareng : Soto Padang

Ga terasa dah hari Kamis terakhir di bulan dan tahun ini, saatnya posting menu Masak Bareng Yuuk !!! Kamis minggu depan udah beda tahun, time is running so fast. Resolusi tahun 2008 belum semuanya tercapai eh dah waktunya bikin resolusi baru. Yah dijalanin aja deh...

Rasanya menu yang satu ini udah sering saya dengar, tapi baru sekarang dicoba. Setelah dicoba ternyata, hmm enak lho.... Padahal ga pake kerupuk merah dan kaldunya dari beef boneless aja, maklum deh menyesuaikan bahan yang ada di kulkas dan ga ada yang jual kerupuk merah di Tsukuba dan sekitarnya. Resepnya dari Kitchen Craft dan saya tambahkan ketumbar biar lebih spicy.


Bahan :
1/2 kg daging sapi boneless
1/4 kg tulang/iga/kaki sapi (saya ga pake)
3 Lt air untuk merebus
2 butir pekak
Gula-garam secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 cm jahe
1 sdt merica
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar

Bumbu lainnya :
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang sereh, dimemarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 butir kapulaga

Pelengkap :
Perkedel kentang
Soun, diseduh air hangat
Kerupuk sagu merah (saya ganti kerupuk biasa)
Daun bawang/seledri
Bawang goreng
Jeruk nipis/lemon
Sambal soto

Cara membuat :
1. Rebus daging, tulang dan pekak dengan api kecil sampai daging empuk.
2. Potong daging bentuk dadu, campur dan aduk dengan sedikit bawang putih halus dan garam. Goreng sampai garing.
3. Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya sampai wangi. Masukkan ke dalam air kaldu, tambahkan gula dan garam secukupnya. Biarkan hingga mendidih.
4. Penyelesaian :
Siapkan mangkuk saji, lalu letakkan soun, irisan daging, perkedel dan pelengkap lainnya. Selanjutnya beri kuah kaldu. Nikmati selagi hangat.

Sampai jumpa tahun depan dengan menu berikutnya ya... Masak Bareng Yuuk..!!!

Post a Comment