Thursday 25 December 2008

Masak Bareng : Soto Padang

Ga terasa dah hari Kamis terakhir di bulan dan tahun ini, saatnya posting menu Masak Bareng Yuuk !!! Kamis minggu depan udah beda tahun, time is running so fast. Resolusi tahun 2008 belum semuanya tercapai eh dah waktunya bikin resolusi baru. Yah dijalanin aja deh...

Rasanya menu yang satu ini udah sering saya dengar, tapi baru sekarang dicoba. Setelah dicoba ternyata, hmm enak lho.... Padahal ga pake kerupuk merah dan kaldunya dari beef boneless aja, maklum deh menyesuaikan bahan yang ada di kulkas dan ga ada yang jual kerupuk merah di Tsukuba dan sekitarnya. Resepnya dari Kitchen Craft dan saya tambahkan ketumbar biar lebih spicy.


Bahan :
1/2 kg daging sapi boneless
1/4 kg tulang/iga/kaki sapi (saya ga pake)
3 Lt air untuk merebus
2 butir pekak
Gula-garam secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 cm jahe
1 sdt merica
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar

Bumbu lainnya :
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang sereh, dimemarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 butir kapulaga

Pelengkap :
Perkedel kentang
Soun, diseduh air hangat
Kerupuk sagu merah (saya ganti kerupuk biasa)
Daun bawang/seledri
Bawang goreng
Jeruk nipis/lemon
Sambal soto

Cara membuat :
1. Rebus daging, tulang dan pekak dengan api kecil sampai daging empuk.
2. Potong daging bentuk dadu, campur dan aduk dengan sedikit bawang putih halus dan garam. Goreng sampai garing.
3. Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya sampai wangi. Masukkan ke dalam air kaldu, tambahkan gula dan garam secukupnya. Biarkan hingga mendidih.
4. Penyelesaian :
Siapkan mangkuk saji, lalu letakkan soun, irisan daging, perkedel dan pelengkap lainnya. Selanjutnya beri kuah kaldu. Nikmati selagi hangat.

Sampai jumpa tahun depan dengan menu berikutnya ya... Masak Bareng Yuuk..!!!

13 comments:

A.G said...

Aku datang membawa rantang... krupuk merahku luntur warnane wkt tak goreng malah dadi krupuk oranye.. tp rasane sih podo hehe.. :) bumbumu komplit gitu mesti sedep rasanya

Anonymous said...

nyobain soto padangnya ya,Mbak Shinta :)

Umi Rina said...

Asyiik, samaan dech ada Soto Padang juga di tempatku...;)

Umi Rina said...

Bunda, maklumlah kalo motonya pake lampu belajar,yang motonya juga udah 'kreyep-kreyep' ngantuk n capek...

Tetap semangat ya dan jaga kesehatannya...:)

Anonymous said...

hari ini puas ngeliatin soto padang :D

Retno Prihadana said...

Soto padangku juga dah siap tayang, icip-icip punya shinta dulu ahhh

lucuna said...

permisi, mau icip sotonya..he..he..sama ya, gak dapet krupuk merahnya...punyaku jg diganti krupuk udang.

Abby said...

mari kita nyoto bareng..:D
tapi aku ga punay kerupuk sagu merah itu..heuhehehe..
enak..slurrpp...

ROSY said...

secara aku penggemar soto...ikutan nyicip aaah.

Jagungmanis said...

hihi... aku telat mrene ngicipi soto.. isih ono gak,nggo aku,yu? hiks...

Rurie said...

Enakkk..........tapi pasti udah abis nih :D

Anonymous said...

bawa mankok neh cantik he he he pingin minta soto padangnya he he he.....:)

Blog admin said...

Soto padang emang enak sih, kami sekeluarga suka nyotong di Pasar Anyar Bogor. Cari aja Sate KOBANA, Soto Padang dan Sate Padangnya pasti Mak Nyus. O iya, kalau ada nyang mau belajar mbuat Asinan Bogor (versi Gedong Dalam), Besok tanggal 1 January 2009 akan saya posting di http://dapur-minang.blogspot.com. Dijamin rasanya sama persis dengan Asinan Gedong Dalam, jangan lupa berkunjung ya dan praktekan resep yang akan saya Postingkan ini. salam Kenal buat Mba Shinta dan penggemar Shinta Little Kitchen. Soalnya kebanyakan ibu-ibu nih ya hobby masak...sementara saya mah dah Bapak-bapak kali....hee...heee..heee