Saturday, 14 April 2012

Lapis Pepe

Akhirnya kesampaian juga bikin kue yang satu ini. Sejak kembali ke tanah air, rasanya lidah dimanja sama beragam kue dan makanan tradisional Indonesia. Termasuk kue lapis pepe ini. Kue ini termasuk salah satu jajanan pasar populer, jualnya ada dimana-mana dan harganya juga terjangkau. Makanya jadi males bikin sendiri padahal gampang. Ini bikin karena masih punya tepung tapioka yang lumayan banyak dan udah hampir expired.

Sengaja warnanya dimiripin sama lapis pepe yang suka dijual di pasar. Itu tuh, yang ada lapisan merahnya. Tapi agak beda, kalo yang dijual lapisan paling bawah biasanya putih. Yang ini salah perhitungan, jadi lapisan bawahnya hijau. Ya ga papa deh, rasanya tetap legit-kenyal-enak :D

Bahan :
250 gr tepung tapioka
100 gr tepung beras
300 gr gula pasir  (saya 260 gr aja udah manis kok)
1/2 sdt vanili
800 ml santan
1 sdt garam
2 lembar daun pandan
Pasta pandan/strawberry secukupnya
Cara membuat :
1. Panaskan santan, garam dan daun pandan, sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, lalu biarkan samapai hangat.
2. campur kedua tepung, gula dan vanili. Masukkan santan hangat sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga adonan tidak bergerindil.
3. Bagi adonan menjadi 2, salah satunya beri pasta pandan dan yang lain biarkan tetap putih.
4. Siapkan kukusan. Olesi loyang 18x18 cm dengan minyak, lalu panaskan di dalam kukusan hingga beruap banyak.
5. Tuang 2-3 sendok sayur lapisan pertama. Kalo mau kayak yg difoto, 3 sendok sayur adonan putih ditambah setetes pasta strawberry. Kukus selama 5 menit. lanjutkan dengan lapisan berikut, kukus juga selama 5 menit. Begitu seterusnya hingga semua adonan habis. Lapisan terakhir dikukus selama 30 menit.
6. Biarkan kue dingin, lalu potong-potong dengan pisau yang dialasi plastik.

Recipe source : Muylinda
Post a Comment