Monday, April 14, 2008

Pindang Ikan Kakap

Masakan pindang ikan ini bumbunya mirip seperti pindang tulang/iga sapi (masakan Palembang). Rasanya pedas, asam, asin segar. Hanya sedikit memakai gula.

Untuk bahan ikan yang digunakan, biasanya ikan air tawar seperti ikan belida, kelemak (maaf ga tahu namanya dalam bahasa Indonesia) atau patin. Padahal di Tsukuba kayaknya ga ada deh yang jual ikan itu. Setelah tanya sama bunda, ternyata ikannya bisa diganti. Dan menurut bunda saya hanya ikan kakap, ikan laut yang cocok dimasak seperti ini. Makanya dibela-belain beli ikan kakap karena dah kangen sama masakan ini.


Bahan :
4 potong ikan kakap
1 batang sereh, dimemarkan
3 cm lengkuas, dimemarkan
1 lembar daun salam (kalo ada lebih baik)
3 buah cabe merah diiris
2 biji asam
3 gelas air
3 tangkai daun kemangi (kalo ada lebih baik)
1 buah tomat, belah 6 (saya pake 3 mini tomato dibelah 2)
2 batang daun bawang kecil, diiris kurleb 3 cm
1/4 buah nanas, potong dadu 3x3 cm (optional, saya ga pake)
1/2 sdt gula pasir
garam secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe
1/4 sdt terasi
1/2 sdt kunyit bubuk
2 buah cabe rawit


Cara membuat :

1. Cuci bersih ikan, tiriskan lalu sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan lengkuas, sereh, daun salam dan irisan cabe merah. Tambahkan air lalu biarkan hingga mendidih.
3. Setelah mendidih masukkan potongan ikan, asam dan daun kemangi. Tambahkan gula dan garam.
4. Terakhir masukkan irisan daun bawang dan tomat sesaat sebelum diangkat.

Biasanya masakan ini disajikan bersama sambal nanas atau sambal mangga muda. Karena ga punya persediaan nanas dan mangga muda, jadi sambalnya saya skip tapi tidak mengurangi kelezatannya.

3 comments:

Dapur Cantik said...

Genki desuka, mbak he he he :D

Btw, ga cuma ikan kakap az, bisa juga ko' pake ikan tenggiri dan ikan bawal.

Kalo pengen coba yg laen selain ikan, Mbak Shinta bisa coba pake kepah (ada ga ya di Jepang?) dan udang.

Gambar pindang kakap'y bikin ngiler hihi...

Shinta said...

to mbak Silvy-Dapur Cantik, thanks infonya ya... Jadi ada alternatif nih delain ikan kakap.
Btw, kepah mungkin ada di Jepang tapi kalo ikan bawal ada ga ya??? Rasanya kok belum pernah liat. Atau ada musimnya kali ya?! soalnya beberapa ikan juga tergantung musim.

Dila said...

Terima kasih atas posting resep ini. Sangat bermanfaat untuk saya sajikan keluarga di rumah.