Saturday, April 19, 2008

Risoles

Kemarin siang ada meeting persiapan bazaar sekalian makan siang bersama. Karena menunya dah lengkap, jadi saya bawa kue risoles aja. Risoles ini saya isi tumis sayuran (kentang dan wortel) campur ayam cincang dan telur. Kalo mau isi yang lain bisa aja divariasikan sesuai selera.

Untuk resep kulit risoles ada berbagai versi, berikut ini resep yang biasa saya buat (hasil modifikasi dari berbagai sumber).

Bahan kulit :
250 gr tepung terigu
2 butir telur, dikocok lepas
2 sdm margarin/butter, dilelehkan
1 sdt garam
1 sdm tepung kanji/katakuriko
500 ml air (bisa juga susu cair)

Bahan isi :
3 buah kentang, potong dadu
1 wortel, potong dadu
80 gr ayam cincang
2 kuning telor, dikocok lepas
2 siung bawang putih, diiris atau dihaluskan
1 sdt merica bubuk
Daun bawang dan seledri secukupnya, diiris
Gula dan garam secukupnya

Bahan panir :
2 putih telur, kocok lepas
Tepung roti/panir secukupnya

Cara membuat :
1. Isi : tumis bawang putih dan merica hingga wangi, masukkan ayam, kentang dan wortel. Aduk hingga rata. Bila perlu tambahkan sedikit air. Masak hingga kentang dan wortel setengah empuk lalu masukkan kocokan kuning telur dan irisan daun bawang serta seledri. Tambahkan gula dan garam. Aduk rata, lalu angkat. Sisihkan.
2. Kulit : Campur semua bahan, aduk-aduk sampai halus atau tidak ada brindil-brintilnya. Panaskan wajan datar diameter 20 cm, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan kulit ke wajan lalu ratakan hingga menutupi seluruh permukaan. Biarkan sampai pinggirnya mengering lalu angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.
3. Ambil selembar kulit, beri 1 sdm isi lalu lipat dan gulung (seperti membuat dadar gulung). Celupkan ke dalam kocokan putih telur, beri tepung panir, kemudian goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
4. Lengkapi sajian risoles dengan cabe rawit.

Untuk : 22 potong.

Tips : Sebelum digoreng, sebaiknya simpan risoles yang telah diberi paniran di dalam kulkas kurleb 30 menit. Supaya tepung panir tidak banyak yang lepas saat digoreng.

8 comments:

Sheila said...

Shinta, liat risoles-mu ini aku jadi kepengen bikin deh. Jadinya kira2 22 potong ya? Pengen bikin buat bekal TK anakku aahhh. Tapi kayaknya mesti aku beku-in. Jadi paginya tinggal digoreng aja. Lumayan ngirit waktu :)

Shinta said...

Mbak Sheila, aku jg suka gitu. Bikin malam, simpan di kulkas trus pagi baru digoreng deh... :D Selamat mencoba mbak...

Anisa said...

resolesnya masih gak te ? mau donk...

ijal said...

saya menganggap orang yang bisa bikin kulit risol/lumpia/martabak sendiri itu jago.. :-)

ingafety said...

mbak sinta, aku nengok lagi:)
ikut mengcopy yah..

Dian said...

Assalamu'alaikum,mb sinta saya copy ya resep risolesnya soalnya lagi belajar bikin makanan kecil terima kasih ya mb
wass

Shinta said...

To Fety & Dian : Silahkan dicoba resepnya, smoga berhasil ya... :)

aisydho said...

Lam kenal.
pengen deh ikutan komunitas masak bareng. tapi belum kesampean juga. sementara jadi penikmat aja deh. untuk mei apa ya. barangkali aku bisa ikut.