Friday, 14 September 2007

Widaran Keju / Telur Gabus

Bikin kue widaran keju/telur gabus ini lumayan lama kalo dikerjain sendiri trus jadinya banyak. Tapi pas ngabisinnya wouw... jangan tanya deh! Sebentar juga ludes. Kue ini cocok juga lho ngisi toples kue lebaran. Hehehe... lebaran masih jauh ya?! :D

Resepnya dapat dari blog mas Budi. Thanks ya..... Tepungnya pake katakuriko soalnya repot kalo mau beli tepung kanji harus ke toko Thai dulu. Soal rasa, ga berbeda kok. Tetap gurih dan keju banget.

Bahan :
250 gr katakuriko / tepung kanji / sagu
2 butir telur dikocok dengan garpu
50 ml air/santan/susu cair (saya pake air + susu)
50 gr keju cheddar/ edam diparut (saya pake 80 gr/1 pak, nanggung kalo disisain)
1 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat :
1. Campur tepung, keju dan garam lalu aduk rata.
2. Masukkan telur dan air+susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan bisa dipulung.
3. Siapkan 2 wajan yang berisi minyak goreng (dingin). Ambil sejumput adonan, bentuk dgn kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di salah satu wajan.
4. Panaskan dengan api kecil wajan yang telah cukup penuh adonan, goreng hingga kuning kecoklatan. Lalu angkat dan biarkan minyak di wajan dingin kembali.
5. Sementara itu lanjutkan lagi membentuk adonan dan tampung di wajan kedua. Demikian seterusnya hingga adonan habis.
6. Simpan kue di wadah kedap udara.

Seperti blog-blog yang lain, akhirnya dapur ini juga kebagian award. Thanks buat mbak Fitta yang udah ngasih award ya....
Post a Comment