Friday, September 14, 2007

Widaran Keju / Telur Gabus

Bikin kue widaran keju/telur gabus ini lumayan lama kalo dikerjain sendiri trus jadinya banyak. Tapi pas ngabisinnya wouw... jangan tanya deh! Sebentar juga ludes. Kue ini cocok juga lho ngisi toples kue lebaran. Hehehe... lebaran masih jauh ya?! :D

Resepnya dapat dari blog mas Budi. Thanks ya..... Tepungnya pake katakuriko soalnya repot kalo mau beli tepung kanji harus ke toko Thai dulu. Soal rasa, ga berbeda kok. Tetap gurih dan keju banget.

Bahan :
250 gr katakuriko / tepung kanji / sagu
2 butir telur dikocok dengan garpu
50 ml air/santan/susu cair (saya pake air + susu)
50 gr keju cheddar/ edam diparut (saya pake 80 gr/1 pak, nanggung kalo disisain)
1 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat :
1. Campur tepung, keju dan garam lalu aduk rata.
2. Masukkan telur dan air+susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan bisa dipulung.
3. Siapkan 2 wajan yang berisi minyak goreng (dingin). Ambil sejumput adonan, bentuk dgn kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di salah satu wajan.
4. Panaskan dengan api kecil wajan yang telah cukup penuh adonan, goreng hingga kuning kecoklatan. Lalu angkat dan biarkan minyak di wajan dingin kembali.
5. Sementara itu lanjutkan lagi membentuk adonan dan tampung di wajan kedua. Demikian seterusnya hingga adonan habis.
6. Simpan kue di wadah kedap udara.

Seperti blog-blog yang lain, akhirnya dapur ini juga kebagian award. Thanks buat mbak Fitta yang udah ngasih award ya....

17 comments:

Dwiana P said...

aduh gw kalau makan keju ini 5 menit satu tople juga udah habis nih hehehe

Anisa said...

Kalau di tempayku itu namanya pilus alias maaf (tai kucing) nama Jawa Timurannya...
mbak shinta, bukannya katakuriko itu tepung kanji...?
atau katakuriko itu apa ya...sala salah persepsi kali ya..?Mohon penjelasannya

gate said...

salam kenal,
shin, adonannya kan encer gitu (karena aq dah coba..)trs ngebentuknya gimana? aq waktu itu masukin telor 1, aduk & nggak tak tambah telor 1-nya, krn udah kelihatan encer takut nggak bisa dipulung...& tepung yg shin pakai tpg semacam apaan kl di Indo?
thx ya...

Shinta said...

Mbak Anisa.... masalah nama kue mungkin bisa aja beda ya.. Kue ini sering dijual di supermarket kalo di Indonesia. Dulu aku sering beli di Mata**ri. Trus katakuriko itu bahannya dari kentang. Kalo di Indonesia tepung kanji/tapioka bahannya dari singkong ya?!

Mbak Gate.... salam kenal juga. Adonan-nya ga encer kok tapi lembek seperti adonan kue kering.Jadi bisa dibentuk. Kalo resep aslinya pake tepung kanji/tapioka.Silahkan dicoba lagi ya....

Desita Eka said...

ma kasih mbak Shinta resepnya..pingin nyobain..moga2 aja ada tenaga sisa yaa..he..he..udah lama pingin kue ini , alhamdulillah ada yg posting resepnya...

game and gameers said...

mba... kok saya bikin alot ya... apa karna ga dikasih trigu....? ( adi )

Shinta said...

To Adi : sebaiknya jangan diicampur terigu deh karena tekstur dan rasanya jadi beda. Thanks dah mampir ya.

Diny Widia said...

Ijin nyoba ya, mbak...kira2 kalo ngerjain sendiri, bikin tangan keriting nggak ya? heheh
salam kenal :))

Shinta said...

Diny, silahkan dicoba. kalo tepungnya 250-500 gr, kerja sendiri kayaknya ga bakal keriting kok. Kalo lebih dari itu, mending minta tambahan tangan lain :D hehehe... Btw, aku pernah bikin 1 kg tepung kanji, alhamdulillah baik-baik aja kok ;)

dewimaqfiroh said...

Mbk aq pernah nyobak tepung kanji kok alott ya.. Gmana kalau bkin supaya renyah..kok ada yg blng dari tepung trigu ya mbk? Makasiott ya.. Gmana kalau bkin supaya renyah..kok ada yg blng dari tepung trigu ya mbk? Makasi

Shinta said...

Halo Dewi Maqfiroh,
Aku malam belum pernah nyoba yg pake terigu. Selama ini selalu pake tepung kanji/tapioka dan hasilnya gurih renyah. Kira-kira alot karena apa ya?

Maaf ya ga banyak bantu nih. salam kenal dan makasih dah mampir ya..

dina said...

mba Shin..mana yg lebih enak tepung ketan atau tepung kanji?trus kalo bahan 500 gr tepung, telurnya di tambah atau gx? salam kenal ya mba..:)

Shinta said...

@Dina.
Haloo...salam kenal :)
Kalo aku lebih suka yg pake tepung kanji, lebih garing/crispy. Kalo tepungnya 500 gr, tentu aja telur dan bahan-bahan lainnya juga ditambah. Telurnya jadi 4, tapi kalo telurnya besar, bisa 3 aja.
Selamat mencoba dan makasih dah mampir.

Sii Isni said...

Waw, saya cobaa yaa Mbak... :D
Salam kenal. ^0^

khaira nick said...

waahhh jadi pingin nyoba deh

aisa said said...

kalau seumpamanya minyak goreng ke 2 udh panas,? adonan ke 2 yg dibentuk dimasukin dimana mba?

mypoobear said...

salam kenal mb shinta,
saya udah coba resepnya, kece mb hasilny apalagi yg pemula seperti saya, berhasil aj ud alhamdulillah apalagi kalo hasilnya enak,