Tuesday, 17 May 2011

Ollie Ballen

Masih kerabatnya donat tapi ollie ballen ini bentuknya bulat tanpa bolong di tengah. Bahan-bahan dan cara membuatnya juga sama kok.

Sebaiknya ukuran ollie ballen jangan terlalu besar. Pengalaman saya, yang hasil matangnya sempurna luar dalam, cukup dengan berat 20 gr. Kalo lebih dari itu, tengahnya belum matang tapi bagian luarnya sudah coklat. Kalo ukurannya lebih kecil, matangnya bagus tapi kurang pas aja. Kalo suka kecil-kecil sih ga papa, apalagi buat anak-anak jadi lucu :D

Cemilan ini cocok buat teman ngupi tau ngeteh. Bisa dinikmati tua-muda. Bikin yuuk...!

Bahan :
300 gr terigu protein tinggi
60 gr gula pasir
5 gr ragi instant / yeast
1 butir telur
80 -100 ml air / susu cair
50 gr margarin
1/4 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Gula halus untuk taburan secukupnya

Cara membuat :
1. Campur terigu, gula dan ragi. Aduk rata.
2. Masukkan telur, aduk rata. Lalu tambahkan air/susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Masukkan margarin, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Baru tambahkan garam. Uleni sebentar lalu diamkan sampai mengembang (kurleb 30 menit) di tempat yang hangat.
4. Kempiskan adonan. Timbang seberat 20 gr, bentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan lagi kurleb 10 menit.
5. Panaskan minyak goreng. Goreng ollie ballen hingga kuning kecoklatan dengan api kecil sambil dibalik-balik. Angkat, tiriskan dan biarkan dingin.
6. Taburi dengan gula halus secukupnya.
Post a Comment