Thursday, October 30, 2008

Masak Bareng : Rolade Tahu

Rolade tahu tema event Masak Bareng Yuuk bulan ini. Bikinnya gampang hanya perlu ketelatenan saat menggulung adonan. Menggulungnya harus sambil dipadatkan agar telor dadar (kulit) nempel dengan adonan tahu. Rolade tahu yang saya buat itu kulitnya kurang nempel, liat aja tuh hasilnya. Tadinya saya mau bikin sekali lagi biar hasilnya lebih baik tapi ternyata sudah tidak cukup waktu untuk membuat lagi. Ya sudahlah, posting aja.

Soal rasa, ga kalah kok sama rolade yang berbahan daging. Tinggal dicocol sambel, langsung maknyuus! Kalo mau dimasak sup juga bisa, disajikan dengan saus asam manis juga bisa atau digoreng pake tepung juga ga masalah. Sesuai selera aja. Yang saya buat ini kebetulan buat nemenin sambal dan lalapan, jadi roladenya dicocol sambal aja.
Resepnya saya pake dari mas Budi (makasih ya...), seperti biasa tahunya saya panaskan dulu biar tidak terlalu lembek. Ini saya tulis lagi resepnya ya...

Bahan :

  • 300 gr tahu putih
  • 100 gr ayam cincang
  • 60 gr kacang buncis
  • 60 gr wortel dipotong korek api

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdt merica halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus


Lapisan kulit :3 butir telor, didadar tipis

Cara membuat :

1. Panaskan tahu di microwave/renji selama 8 menit, diamkan selama minimal 1 jam. Lalu haluskan dengan bantuan garpu.

2. Campurkan tahu dengan ayam dan bumbu-bumbu, aduk rata.

3. Ambil selembar kulit dadar telur, beri adonan tahu secukupnya, ratakan hingga memenuhi seluruh permukaan kulit. Tata kacang buncis berseling dengan wortel. Gulung sambil dipadatkan. Lakukan hingga adonan tahu habis.

4. Bungkus gulungan tahu dengan allue foil, kukus selama 30 menit. Lalu angkat dan biarkan dingin.

5. Buka bungkusan allue foil dengan hati-hati, lalu potong-potong rolade tahu sesuai selera.

Masak Bareng Yuukk bulan November'08, akan hadir dengan menu Pepes Ayam. Sampai ketemu dan ditunggu partisipasinya ya.... Masak Bareng Yuukk...!!!

9 comments:

umi rina said...

Asyiiik ada Rolade Tahu, nyobain ya...*slurp*

Dapur Cantik said...

cantik banget tampilannya..banyak hijaunya..jadi seger rolade tahunya hihi...btw,mbak,tadi soal komentar di DC udh dijawab via email

sukses terus ya,mbak :)

Retno Prihadana said...

Wouw komplittt, cantik deh shin, aku juga dah bikin :)

sefa firdaus said...

hmmm aku masih punya setengah gulung rolade tahu, mau aku cocol pake saus sambel ahhhhhhhhhh

roladenya cantik kok Shin

chenmarlin said...

oh nambah lagi variasi utk masak tahu, maklum suami suka banget sama tahu. tfs, nanti mau dicoba.

Judith said...

Nyam nyammmm ...

aku telat update, jaringan internet dari Cablecom-swiss dalam perbaikkan. Pas banget jam 7.00 malem (wkt swiss) dah bisa dipergunakan lagi alias Online.

Cantik kok Rollade nya Diajeng :)

Budi Sutomo, S.Pd said...

mau dong cobain....salam.

shashakoe said...

mbak... kalo mau ikutan masak bareng itu kemana ya daftarnya? atau ikut aja? trus... resepnya terserah kita kah cuma asal masakan yg dibuat sama

Shinta said...

To Shashakoe :
Ga perlu daftar-daftar kok, silahkan kalo mau ikutan. YAng penting menu dan tgl posting-nya sama. Resep dipersilahkan mencari/berkreasi sendiri.

Bulan November menunya 'pepes ayam' Ditunggu partisipasinya ya...