Thursday, 30 October 2008

Masak Bareng : Rolade Tahu

Rolade tahu tema event Masak Bareng Yuuk bulan ini. Bikinnya gampang hanya perlu ketelatenan saat menggulung adonan. Menggulungnya harus sambil dipadatkan agar telor dadar (kulit) nempel dengan adonan tahu. Rolade tahu yang saya buat itu kulitnya kurang nempel, liat aja tuh hasilnya. Tadinya saya mau bikin sekali lagi biar hasilnya lebih baik tapi ternyata sudah tidak cukup waktu untuk membuat lagi. Ya sudahlah, posting aja.

Soal rasa, ga kalah kok sama rolade yang berbahan daging. Tinggal dicocol sambel, langsung maknyuus! Kalo mau dimasak sup juga bisa, disajikan dengan saus asam manis juga bisa atau digoreng pake tepung juga ga masalah. Sesuai selera aja. Yang saya buat ini kebetulan buat nemenin sambal dan lalapan, jadi roladenya dicocol sambal aja.
Resepnya saya pake dari mas Budi (makasih ya...), seperti biasa tahunya saya panaskan dulu biar tidak terlalu lembek. Ini saya tulis lagi resepnya ya...

Bahan :

  • 300 gr tahu putih
  • 100 gr ayam cincang
  • 60 gr kacang buncis
  • 60 gr wortel dipotong korek api

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdt merica halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus


Lapisan kulit :3 butir telor, didadar tipis

Cara membuat :

1. Panaskan tahu di microwave/renji selama 8 menit, diamkan selama minimal 1 jam. Lalu haluskan dengan bantuan garpu.

2. Campurkan tahu dengan ayam dan bumbu-bumbu, aduk rata.

3. Ambil selembar kulit dadar telur, beri adonan tahu secukupnya, ratakan hingga memenuhi seluruh permukaan kulit. Tata kacang buncis berseling dengan wortel. Gulung sambil dipadatkan. Lakukan hingga adonan tahu habis.

4. Bungkus gulungan tahu dengan allue foil, kukus selama 30 menit. Lalu angkat dan biarkan dingin.

5. Buka bungkusan allue foil dengan hati-hati, lalu potong-potong rolade tahu sesuai selera.

Masak Bareng Yuukk bulan November'08, akan hadir dengan menu Pepes Ayam. Sampai ketemu dan ditunggu partisipasinya ya.... Masak Bareng Yuukk...!!!

Post a Comment