Sunday, 17 June 2012

Brownies Kukus Coklat Pandan


Sebelumnya kan pernah posting brownies kukus juga, nah yang ini ada lapisan pandannya. Membuat cake ini memang agak ribet. Apalagi kalo kerja sendiri. Kalo saya, semua bahan (baik lapisan coklat ataupun pandan) disiapkan bersamaan. Jadi selesai mengocok adonan coklat, tinggal cuci kocokan trus dilap sampai kering, lanjut ngocok adonan pandan. Jadi kukusannya ga lama-lama nungguin adonan pandan.

Pada resep, lapisan pandan pake coklat putih. Karena saya ga punya stok, lagipula pakenya cuma sedikit, mau beli juga tanggung soalnya jarang dipake. Jadi di-skip aja. Karena ga pake coklat putih jadi ada perbedaan rasa dan tekstur. Lapisan coklat, pake dark cooking  chocolate (DCC), teksturnya agak padat. Nah, yang lapisan pandan, tanpa white cooking coklat (WCC), lebih spongie atau lebih ringan.

Menurut saya, aroma pandan yang membaur dengan coklat membuat rasa cake ini jadi legit. Over all, it's still moist and yummy.

Bahan coklat :
4 butir telur
130 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
100 gr terigu,diayak
25 gr coklat bubuk, diayak
100 gr margarin, dilelehkan
75 gr DCC, dilelehkan

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula, gram dan vanili sampai mengembang.
2. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Masukkan campuran margarin dan DCC, aduk rata sambil dibalik.
4. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, alasi tutupnya dengan serbet. Siapkan loyang 22 x 22 cm, alasi dengan kertas roti.
5. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus selama 15 menit.

Bahan pandan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
125 gr terigu, diayak
100 gr margarin, dilelehkan
75 gr WCC, dilelehkan
2 sdm pandan pasta

Cara membuat :
Step 1 sampai 3, sama dengan di atas. Berikutnya langsung tuang adonan pandan ke loyang yang berisi lapisan coklat tadi. Kukus selama 20 menit. Angkat lalu dinginkan.

Note : saya bikin 1/2 resep pake loyang 18 x 18 cm.
Recipe source : Fatmah Bahalwan (NCC)
Post a Comment