Wednesday, 22 October 2008

Cheese Orange Cake

Sebenarnya mau bikin orange cake yang ditutup cream dan pake garnish jeruk mandarin tapi karena waktunya mepet (keburu tamu-tamu datang) ,cream-nya juga kurang jadi deh ditambah keju parut. Sampe-sampe buat filling juga ga cukup. Makanya diakalin pake keju. Keju itu buat nutupin permukaan cake, biar enak dipandang mata. Soalnya cream yang ada benar-benar ga cukup buat border, lagi pula jeruknya juga kurang buat nutupin bagian atasnya. Beginilah kalo perencanaan kurang matang. Sampe motret juga asal aja... Tapi senang liat yang makan lahap dan menikmatinya sampai potongan terakhir. Ga sia-sia deh bikinnya buru-buru tapi ludes des des....

Resep orange cake yang dipakai hasil modifikasi dari sponge cake yang biasa saya buat. Yang pengen coba silahkan ya...

Bahan cake :
6 kuning telur
4 putih telur
125 gr gula pasir
110 gr terigu
15 gr maizena
10 gr susu bubuk
10 gr baking powder
80 gr margarin, dilelehkan
25 ml orange juice (kurleb 3 sdm)
1 sdm parutan kulit orange/lemon (optional)*

Bahan cream & garnish :
200 ml (1 kotak) whipped cream (kalo sekalian buat filling, baiknya pake 2 kotak)
30 gr gula pasir
Jeruk mandarin secukupnya
Keju parut secukupnya

Simple syrup :
30 gr gula pasir
30 ml air
1 sdm air lemon

Cara membuat :
1. Ayak terigu, maizena dan baking powder. Tambahkan susu bubuk, lalu sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental berjejak dengan speed tinggi.
3. Turunkan speed mixer, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit dan kocok sampai rata.
4. Masukkan margarin secara bertahap, aduk rata. Bisa pake mixer atau spatula.
5. Masukkan orange juice, aduk rata.
6. Siapkan loyang persegi ukuran 18x18 cm, alasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke loyang.
7. Panggang pada suhu 180 derajat C selama 25-30 menit. Biarkan dingin.

* saya ga pake, soalnya lagi ga punya kulitnya. Namanya juga persipan buru-buru :D

Cream : Kocok gula dan whipped cream hingga mengembang kaku.
Syrup : Panaskan gula dan air hingga semua gula larut, lalu tambahkan air lemon.

Penyelesaian : ini yang ideal, tapi yang saya buat itu ga ideal :D
Belah cake menjadi 2 bagian, basahi salah satunya dengan syrup, olesi cream, taburi jeruk, olesi cream lagi lalu tutup dengan belahan cake yang lainnya. Basahi lagi permukan cake kedua dengan syrup, garnish dengan jeruk dan beri taburan keju parut. Selanjutnya dekor sesuai selera.

Tips : untuk menghindari cake bantat, campur orange juice dengan margarin cair aduk rata baru kemudian dimasukkan ke adonan. Aduk balik hingga margarin tercampur rata dengan adonan.
Post a Comment