Tuesday, May 22, 2007

Es Kopyor Sintetis


Cuaca mulai panas begini pengennya minuman yang segar-segar tapi kalo juice melulu bosan juga. Pengen minum es kelapa muda, di sini susah carinya. Maksudnya cari yang segar gitu lho.... Kalo yang kalengan sih ada. Coba-coba browsing, nemu resep es kopyor sintetis. Coba bikin deh, tapi resepnya saya modifikasi sesuai ketersedian bahan dan selera saya. Untuk syrup akan lebih praktis kalo punya syrup cocopandan atau frambozen. Segeerr.....

Bahan kopyor sintetis :
1 bks kanten bubuk @ 4 gr (sama dengan agar-agar powder)
400 ml santan kental
100 ml air
40 gr gula atau sesuai selera
1/2 sdt garam
Es batu balok secukupnya

Bahan coconut strawbery syrup:
1 Liter air
1/4 pak strawbery dibelah dua
1 sdm santan kental (saya pake yang kalengan)
Gula secukupnya
Sedikit garam

Pelengkap : 2 buah Alpukat dikerok

Cara membuat
1. Buat Syrup.
Campur air, gula, garam dan strawbery masak sampai berwarna merah. Lalu tambahkan santan, aduk-aduk sampai rata dan masak sampai mendidih. Angkat, saring buah strawberry-nya dan dinginkan syrupnya. Strawberynya boleh langsung dimakan. Atau buat pelengkap juga boleh.
2. Buat kopyor sintetis.
Campur semua bahan kecuali es batu, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah lalu angkat. Siapkan wadah berisi es batu balok. Tuang perlahan-lahan 1 sendok adonan di atas es batu, biarkan membeku. Usahakan posisi es batu tegak miring di dalam wadah supaya adonan yang membeku bisa turun sendiri. Lakukan sampai adonan habis. Lalu saring.
3. Siapkan gelas, tata kopyor sintetis dan alpukat lalu tambahkan syrup.
4. Sajikan dingin atau dengan es serut.

5 comments:

akoe said...

aduhhh ini seger bgd nih

arumchan said...

mbak shinta, gomen mau tanya... kanten bubuk itu apa ya??

arigatou...

Shinta said...

Arumchan,
kanten tuh agar-agar dari rumput laut. Banyak di jual di supermarket, ada yang berbentuk lembaran kering transparan dan ada yg bubuk.

Kalo aku senangnya pake yg bubuk, lebih praktis. Kayak agar-agar dari Indonesia aja. Tp kalo yg lembaran, prosesnya direbus dulu trus disaring, baru air rebusannya itu bisa jd agar-agar.

Sela said...

assalamu'alaykum
mbak sinta, salam kenal ya.
mbak, aku ijin kopas resepnya boleh?
aku mau ada dessert competation, mau buat yg gampang, tadinya mau buat es teller, tapi di AS kok susah cari nangka .jadi banting setir buat es kelapa sintesis, tapi gak ada agar2 juga. nti mau diakali pake cendol enak gak ya??
ijin kopas dulu ya? boleh gak?
thanks
wass
dewi

dib aromatiq said...

aq pernah baca dikasih air kelapa,, sebenernya perlu ga sich

thanks....