Thursday, 26 May 2011

Roti Isi Ayam

Bosan sama roti yang isinya manis? Kenapa ga coba rasa yang gurih dan padat gizi?
Salah satunya roti isi ayam. Ayamnya ditumis, terus ditambah sayuran plus sedikit keju parmesan parut. Hmm... Yummy deh pokoknya. Bagi yang doyan pedas, tinggal dicocol saos sambal aja. Jadi extra hot...!!!

Buat bekal perjalanan juga ok lho karena lumayan mengeyangkan. Kalo saya, bikin roti ini buat sarapan. Roti isi ayam fresh from the oven diitemani secangkir teh hangat, nikmaaat....!

Bahan roti :
1 resep butter roll bread (pake adonan roti empuk jg ok, gulanya dikurangi aja)

Bahan Isi :
100 gr ayam giling
1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu / parut pake parutan keju
3 batang daun bawang, iris tipis
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang kasar
1/2 sdt merica halus
1 sdm keju parmesan parut (optional)
Gula dan garam secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis.

Cara membuat :
1. Buat bahan isi. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, tambahkan merica. Masukkan ayam giling, wortel, daun bawang, gula dan garam. Aduk rata, masak hingga ayam berubah warna dan kering. Matikan api lalu tambahkan keju. Aduk rata kembali, sisihkan.
2. Ambil adonan roti yang telah didiamkan hingga mengembang. Timbang kurleb 25-30 gr, pipihkan lalu beri 1 sdm isi ayam (secukupnya). Rapatkan pinggirnya, bentuk bulat atau sesuai selera. Lakukan hingga adonan roti habis.Kemudian diamkan 10 menit.
3. Basahi permukaan roti dengan  susu / air. Panggang pada suhu 170 C selama 10-15 menit.
4. Keluarkan roti dari oven, olesi permukaannya dengan sedikit margarin.

Note : Selain rasa keju, bisa juga ditambahi 1/2 sdt curry powder bagi yang berselera spicy. Sayurannya bisa ditambahin yang lain seperti jagung manis, irisan buncis ataupun kacang polong. Sesuiakna dengan selera aja ya...
Post a Comment