Saturday, 23 February 2008

Soft Bread (Roti Empuk)

Berkali-kali nyoba bikin roti, baru ini yang hasilnya enak dipandang dan dirasa. Sebagai pemula, emang harus berkali-kali (banyak) praktek untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Roti ini empuuuk banget tapi beda dengan roti unyil. Pokoknya yummy deh.


Bahan :
500 gr terigu protein tinggi
11 gr yeast/ragi roti
4 kuning telur
100 gr gula
100 gr margarin
200-300 ml susu cair dingin
1/2 sdt garam

Isi : sesuai selera aje ye.....

Topping : susu cair atau kuning telor dicampur madu, wijen, atau keju parut. Sesuai selera juga deh...

Cara membuat :
1. Campur terigu, gula dan ragi sampai rata
2. Buat lubang di tengahnya, tambahkan telur dan aduk hingga tercampur rata.
3. Uleni adonan sambil ditambahkan 200 ml susu sedikit demi sedikit.
4. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga kalis. Tambahkan garam.
5. Bila adonan masih cukup kasar, tambahkan sedikit demi sedikit sisa susu sambil diuleni lagi.
6. Istirahatkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat. Letakkan adonan di tempat yang cukup hangat.
7. Ambil sekepal adonan (ditimbang juga boleh, kurleb 35-40 gr), beri isi dan bentuk sesuai selera. Olesi topping.
8. Panggang pada suhu 170 C selama 15 menit.
Note : saya bikin 1/2 resep jadinya 18 potong.

Recipe source : NCC
Post a Comment