Monday, 17 March 2008

Butter Roll Bread

Roti lagiii....! Roti butter roll ini ga kalah empuk sama roti empuk sebelumnya, soft and moist. Dicocol sama susu coklat anget, hmmm.... yummy banget!

Resepnya dimodifikasi. Resep versi saya yang pake tanda kurung. Kayaknya belakangan ini punya hobi baru deh, hobi memodifikasi resep. Hehehe....

Bahan :
300 gr terigu protein tinggi
6 gr ragi roti/instant yeast
40 gr gula pasir
1/3 butir telur (1 butir telur utuh S/M size)
175 ml air (120 cc susu cair dingin)
45 gr butter (40 gr salted butter)
1 sdt garam (1/2 sdt aja, butter-nya udah asin)

Topping :
-sebelum dipanggang : kuning telur (saya pake susu cair)
-setelah keluar dari oven : margarin

Cara membuat :
1. Campur terigu, ragi dan gula pasir. Aduk rata.
2. Masukkan telur lalu aduk rata.
3. Tambahkan air/susu sedikit demi sedikit (masukkan 100 ml dulu) sambil diuleni sampai kalis dan elastis. Sisanya setelah penambahan butter.
4. Masukkan butter. -pada tahap ini, adonan menjadi lebih lembek dibanding adonan roti biasa- Uleni terus sampai kalis sambil ditambahkan garam. Kalo adonan sudah cukup kalis, sisa susu tidak perlu dipakai.
5.Timbang adonan kurleb 40-50 gr, bulatkan lalu istirahatkan adonan selama 30-45 menit (di resep aslinya 15-20 menit) dalam wadah tertutup.
6.Setelah itu, kempiskan bulatan agar gas-nya keluar. Bulatkan lagi, lalu pipihkan dengan bentuk segitiga dan mulai menggulung dari sisi yang lurus sambil sedikit dipadatkan (lebih jelasnya lihat gambar). Istirahatkan lagi selama 15-20 menit.7.Sementara itu preheat oven pada suhu 180 C selama 10 menit.
8.Olesi topping susu cair/kuning telur pada adonan yang telah dibentuk. Pangang pada suhu 180 C selama 10 menit.
9.Setelah keluar dari oven, langsung olesi permukaannya dengan margarin.
Deki agarimashita...! (udah jadi nih...!)

Untuk 14 potong.

Recipe source : Leaflet dari kemasan dry instant yeast "Super Kameriya"
Post a Comment