Tuesday, 7 June 2011

Cake Tape Keju

Hohoho.... beginilah kalau mengabaikan instruksi resep. Udah jelas-jelas pada resep tertulis "siapkan loyang tulban diameter 20 cm atau loyang loaf", masih nekat pake loyang tulban diameter 24 cm (karena itu satu-satunya loyang tulban yang saya punya). Mau pake loyang loaf, kapasitasnya untuk adonan 3 telur. Ya udah nekat pake loyang tulban, pantas aja cake-nya jadi pendek :D

Cake tape keju ini termasuk jenis butter type cake. Resepnya dapat dari majalah Sedap Sekejap jadul (kalo ga salah tahun 2002). Sebelumnya saya pernah bikin yang kuning dan putih telurnya dikocok terpisah dan pake minyak sayur, tapi hasilnya kurang lembut. Nyoba yang butter type cake, alhamdulillah hasilnya lebih lembut. Ntar kapan-kapan pengen nyobain resep cake tape lain, soalnya banyak variasi resep dan tentu saja akan menghasilkan tekstur yang berbeda.

So far, resep yang ini recommended buat dicoba.

Bahan :
200 gr tape singkong, buang serat kasarnya dan haluskan
100 ml santan kental
100 gr margarin
120 gr gula kastor (gula pasir yang diblender halus)
120 gr terigu, diayak
4 butir telur
50 gr keju parut

Cara membuat :
1. Campur tape dan santan, sisihkan.
2. Kocok margarin dan gula sampai lembut, masukkan telur satu persatu, kocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan campuran tape dan santan secara bertahap. Kocok dengan kecepatan rendah hingga rata.
4. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
5. Siapkan loyang tulban diameter 20 cm atau loyang loaf yang telah disemir sedikit margarin dan ditaburi terigu. Tuang adonan ke dalam loyang, taburi dengan keju parut.
6. Panggang pada suhu 180 C selama 40-45 menit.
Post a Comment