Monday, 19 October 2009

Donat / Doughnut

Beberapa kali bikin donat, baru ini yang bentuknya nyaris bulat sempurna. Yatta..!! Kalo sebelum-sebelumnya selalu menyot sana-sini, kadang lingkaran tengahnya malah ga kelihatan lagi.

Ini donat biasa, ada juga yang menyebutnya donat kampung. Hanya dibalut dengan gula bubuk. Yah, seperti donat yang sering dijual di warung-warung itu lho...
Adonannya pake resep roti empuk, hanya saja dimodifikasi sedikit cara dan bahannya. Sebagian adonan tetap dibikin roti, trus sebagian dibikin donat.

Ayoo... yang mau nyobain, donatnya empuk lho... :D

Bahan :
400 gr terigu protein tinggi
8 gr ragi instant
80 gr gula pasir
2 butir telur + susu cair dingin = 220 ml*
100 gr margarin
1/2 sdt garam halus

Taburan : gula donat atau gula bubuk biasa

Cara membuat :
1. Campur bahan kering (terigu, gula dan ragi), aduk rata dengan whisker.
2. Tambahkan campuran telur dan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis.
3. Tambahkan margarin, uleni hingga kalis dan elastis. Lalu tambahkan garam, uleni lagi sebentar. Diamkan ditempat hangat sambil ditutup plastik/serbet, hingga mengembang 2x lipat.
4. Timbang adonan, masing-masing kurleb 30-35 gr. Bentuk bulat agak pipih. Lalu lubangi tengahnya dengan cookie cutter bulat kecil (saya pake yang diameter 3 cm). Lakukan hal yang sama untuk semua adonan. Diamkan lagi kurleb 5-10 menit. Lubangi sekali lagi dengan cookie cutter bila tengahnya merapat.
5. Panaskan minyak bersih, goreng donat sambil diputar-putar dengan bantuan sumpit panjang. Goreng hingga matang, angkat lalu tiriskan. Biarkan dingin.
6. Siapkan gula bubuk, masukkan ke dalam kantong plastik. Masukkan 3-4 potong donat ke dalam plastik tersebut, lalu pegang ujung plastiknya trus dikocok-kocok sebentar agar donat terbalut gula bubuk secara merata. Lakukan pula untuk potongan donat lainnya.
7. Keluarkan donat dari plastik tersebut. Siap dinikmati. Hmmm yummy!!!


*Mengingat ukuran telur ada yg besar, sedang dan kecil jadi sebaiknya ditakar pake gelas ukur biar adonannya ga kelembekan ataupun keras. Mungkin cara ini jarang digunakan, ini berdasarkan tips dari manual bread maker lho.....
Caranya, masukkan 2 butir telur ke dalam gelas ukur lalu tambahkan susu cair hingga 220 ml. Tidak perlu dikocok ya... Total bahan cair yang digunakan = 220 ml.
Post a Comment