Tuesday, 30 June 2009

Pangek Masin

Yang sering mampir ke resto atau rumah makan Padang pasti pernah lihat menu ikan dengan kuah santan kuning dan dilengkapi cabe rawit utuh (ga dihaluskan). Pernah lihat kan?! Nah itulah yang namanya pangek masin.

Masakan ini tidak pedas dan gurih. Kalo mau terasa pedas, cabenya silahkan dimakan. Untuk ikannya bisa pake ikan laut apa saja. Dan untuk menyamarkan bau amis ikan, biasanya digunakan daun ruku-ruku tapi di sini saya ganti daun kemangi. Daun ruku-ruku itu mirip seperti daun selasih atau kemangi, hanya saja permukaan daunnya tidak halus dan aromanya sedikit berbeda. Tapi kalo fungsinya diganti daun kemangi, udah mendekati rasa masakan Padang kok :D

Bahan :
8 potong ikan laut (saya pake ikan Buri)
700 ml santan sedang
5-8 butir cabe rawit utuh, belah sedikit ujungnya
1 batang sereh, dimemarkan
3 cm lengkuas, dimemarkan
2-3 tangkai daun kemangi
2 butir asam kandis/ 1 biji asam
1 lembar daun kunyit, kalo ada lebih baik
Garam secukupnya

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm jahe
1 butir cabe merah
1,5 sdt kunyit bubuk

Cara membuat :
1. Campur bumbu halus dengan santan. Masukkan sereh, lengkuas, daun kunyit dan cabe rawit lalu masak sampai mendidih. Sambil diaduk-aduk agar santannya tidak pecah.
2. Setelah mendidih, masukkan potongan ikan beserta daun kemangi.
3. Terakhir masukkan asam dan garam, biarkan hingga ikan matang lalu angkat.

Notes : ternyata ikan Buri itu setelah dimasak, minyaknya banyak keluar. Jadi masakan ini yaa... agak-agak oily gitu deh. Walaupun minyak dari ikan, sebagian besar termasuk lemak tak jenuh yang tidak membahayakan tubuh. Kalo kurang suka, bisa pake ikan jenis lain yang kurang berminyak.
Post a Comment