Wednesday, 24 June 2009

Masak Bareng : Sayur Asem

Setor dulu aah.... :)
Untuk bulan ini, saya nyetor sayur asem. Soalnya memasuki musim panas seperti ini sedang banyak jual jagung segar di supermarket. Kalo musim lainnya jangan harap deh, paling adanya yang kalengan atau frozen. Selain itu juga masih punya persediaan nangka muda. Kalo daun melinjo (Gnetum gnemon) dan buahnya, seumur-umur saya tinggal di Tsukuba belum pernah dapat tuh. Jadi ga perlu nunggu melinjo kalo mau bikin sayur asem.

Waktu awal-awal menikah, pernah terjadi mis-persepsi antara saya dan suami tentang sayur asem. Beliau request sayur asem. Ya saya masaklah sayur asem seperti ini. Setelah masakan jadi, beliau rada-rada kecewa karena tidak sesuai dengan harapannya. Saya kan jadi bingung ??!! Ternyuataa....., sayur asem dalam persepsi beliau adalah sayur asem kacang merah. Sedangkan persepsi saya, kalo menyebut sayur asem berarti yang pake melinjo, jagung dan teman-temannya. Kalo yang pake kacang merah, ya biasanya disebut dengan lengkap : sayur asem kacang merah. Aya aya wae atuh :D

Kali ini, sayur asem ditemani tempe dan tahu goreng, dendeng mujair (pemberian Ummu Hafizh) juga sambal terasi. Tentu pake nasi putih dong. Rasanya asem, asin, manis dan sedikit pedas. Pokoknya, nikmat sampai suapan terakhir!!!

Resep ini, nurun dari ibunda tercinta. Untuk bumbu saya tulis dengan takaran tapi sayurnya dikira-kira aja ya. Mariii...
Bahan :
800 ml - 1 Lt air
3 cm lengkuas, dimemarkan
2 lbr daun salam
1 sdt terasi, dicampur dengan bumbu halus
3 sdm gula merah, yg sudah disisir
4 biji asam, dilarutkan dengan 50 ml air panas
garam secukupnya

Bumbu halus :
4 butir cabe rawit (boleh dicampur cabe merah)
4 siung bawang putih
1 butir kemiri (optional)

Sayuran, jangan lupa dicuci bersih ya... :
Daun Melinjo dan buahnya (di Tsukuba ga ada)
Kacang panjang, dipotong kurleb 3 cm (saya ganti buncis)
Jagung, dipotong-potong
Labu siam (ga pake, lagi ga ada)
Toge kedele
Nangka muda
Kacang tanah

Cara membuat :
Didihkan air, masukkan lengkuas, daun salam, jagung dan kacang tanah. Biarkan sampai kacang tanah empuk. Masukkan bumbu halus, garam, gula merah, semua sayuran dan air asam. Koreksi rasa, lalu angkat.
Gampang kan?!!
Post a Comment