Wednesday, June 3, 2009

Martabak Telur

Ada foto ketelingsut, lumayan buat update daripada ga ada yang di-post :D

Selain martabak telur, makanan ini juga ada yang menyebutnya martabak asin. Kulitnya saya pake kulit lumpia, jadi ga bisa bikin porsi besar seperti yang biasa dijual. Paling ga, lumayan buat tombo kangen.

Bahan :
12 lembar kulit lumpia (kira-kira ukuran 20x20 cm)
100 gr daging sapi/ayam cincang
3 butir telur, dikocok lepas
3 batang daun bawang besar (10 batang daun bawang kecil), diiris
1/2 butir bawang bombay, dirajang halus
1/2 sdt ketumbar halus
1/2 sdt merica halus
Gula dan garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng
1/2 sdm tepung kanji + 2 sdm air untuk merekatkan kulit lumpia

Cara membuat :
1. Tumis bawang bombay dan merica lalu masukkan daging serta ketumbar. Tambahkan gula dan garam. Masak hingga daging berubah warna dan airnya kering.
2. Campur telur, tumisan daging dan irisan daun bawang. Aduk rata.
3. Ambil satu lembar kulit lumpia, isikan kurleb 3 sdm campuran daging dan telur. Lipat kulitnya seperti amplop. Olesi ujung kulitnya dengan air tepung kanji supaya menempel.
4. Panaskan minyak lalu goreng hingga kulit matang, balik satu kali aja lalu angkat.

Tips:
-Saat mengisi campuran daging, sebaiknya kulit lumpia dialasi dengan piring agar tidak tumpah kemana-mana.
-Kulit yang telah diberi isi dan dilipat sebaiknya langsung digoreng karena kalo dibiarkan kulit akan menjadi lembek dan isinya bisa tumpah saat diangkat.

6 comments:

ira i said...

mbak Shinta,resep martabak telurnya udh sy coba unt temen buka puasa,enak bngt,thanks a lot ya!

Shinta said...

Teh Ira, ikut senang deh kalo suka. Met Puasa ya teh.. :)

Rhin said...

Aku barusan bikin martabak pake resepnya mbk,, tp aku tambain bumbu kare,, jd lbh mantep rasanya, mbk.. Thx yak..

Shinta said...

Rhin, emang lebih mantep kok kalo pake bumbu kare. Jadi kayak martabak telor "Kubang", tau kan martabak Kubang?!
Thanks dah nyobain resep2 dapurku ya Rhin and salam kenal :)

umiabie said...

wah kayaknya mantap tuh, nanti aku coba ah rsepnya..

belgie said...

Aku udah nyobain, tp dagingnya aku ganti cornet, hehe.. Lbh simple :D