Tuesday, 14 July 2009

Balado Daging

Masih menu Padang nih...
Kali ini daging yang dibumbu balado. Biasanya di RM. Padang, daging itu dibuat dendeng dulu, digoreng sampai agak garing lalu diberi bumbu balado. Bumbunya ada yang diulek setengah halus kadang ada juga sampai halus. Namun kebiasaan di keluarga saya, dagingnya tidak digoreng sampai garing. Kami menyebutnya dendeng basah. Kali ini, saya pake bumbu balado yang dihaluskan tapi bawang bombay-nya diiris. Kalo mau setengah halus juga gpp, tergantung selera aja.

Bahan :
500 gr daging sapi
2 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
3 cm lengkuas, dimemarkan
1 sdt ketumbar bubuk
4 siung bawang putih, dihaluskan
Air kelapa / air biasa secukupnya
Garam secukupnya

Bumbu balado :
8 butir cabe merah
1-1,5 buah tomat besar
3 siung bawang merah / 1/2 butir bawang bombay (L size)
Gula dan garam secukupnya
3-5 sdm minyak sisa menggoreng daging untuk menumis

Cara membuat :
1. Iris daging sapi tipis-tipis, sebaiknya mengikuti serat daging. Cuci bersih lalu tiriskan.
2. Siapkan panci, campur daging dengan daun-daun, lengkuas, ketumbar, bawang putih dan garam. Beri air/air kelapa sampai semua daging terendam air. Masak /ungkep hingga air kaldunya bersisa kurleb 1 sendok sayur. Pisahkan daging dan kaldunya.
3. Goreng daging tersebut sampai setengah garing, atau sampai warnanya lebih gelap dari setelah diungkep tadi. Lakukan sampai semua daging habis.
4. Siapkan bumbu balado. Cabe merah dan tomat dihaluskan/ulek kasar. Bawang merah/bombay diiris tipis. Tumis bumbu tersebut sampai aroma pedasnya hilang. Tambahkan sia kaldu. Beri gula dan garam bila perlu. Aduk rata lalu angkat.
5. Siram bumbu balado di atas daging. Sajikan.
Post a Comment