Wednesday, May 6, 2009

Apple Pie

Jarang-jarang bikin pie, sekalinya bikin agak gosong. Soalnya pada resep disebutkan 200 derajat Celcius ya udah setting deh suhu tersebut, ternyata.... buat oven saya, suhu itu terlalu panas makanya pinggir kulit pie nyaris hitam gitu deh :D Untungnya sempat ngintip, jadi suhunya diturunkan jadi 180 derajat.

Pie ini pake filling apple yang direbus campur gula, kayu manis dan sedikit air lemon, hmmm...wangi, asem, manis, segeeer deh. Yang mau nyobain, silahkan. Yakin deh, makan sepotong ga bakalan cukup!!

Bahan kulit :
150 gr terigu all purpose
50 gr terigu protein tinggi
150 gr butter (saya campur margarin dengan perbandingan 50:50)
50 gr gula halus
1/4 sdt garam
4-5 sdm air es

Bahan filling:
1 buah apple ukuran besar, kupas lalu diiris sesuai selera
30 gr gula pasir
1 sdt cinnamon powder (ga punya, saya ganti 4 cm cinnamon stick)
80 ml air

Bahan olesan : kuning telur(saya ga pake, hemat telor hehehe...)

Cara membuat :
1. Campur kedua tepung, gula halus, garam dan butter yang telah dipotong-potong. Aduk dengan pastry knife, food processor atau 2 buah garpu besar. Yang penting jangan pake tangan langsung ya... Biar kulitnya jadi renyah. Aduk sampai berbintil-bintil kasar.
2. Masukkan air es sedikit demi sedikit. Aduk lagi sampai tercampur rata.
3. Bungkus adonan dengan plastik lalu istirahatkan 30 menit di dalam kulkas.
4. Sementara itu buat filling. Campur semua bahan filling dalam panci, lalu panaskan hingga airnya habis. Sisihkan.
5. Ambil adonan kulit pie. Pipihkan dengan rolling pin sampai setebal 8 mm - 1 cm. Kira-kira 1/3 bagian ruas jari. Lalu gulung dengan rolling pin, letakkan pada loyang pie berdiameter 22 cm. Rapikan pinggirnya, kalau perlu digunting. Sisa adonannya dipotong selebar 1-1,5 cm untuk penutup di atas filling.
6. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Lalu beri atasnya kertas roti, isi dengan pemberat (bisa biji/kacang).
7. Panggang pada suhu 180 C selama 10 menit. Lalu keluarkan dari oven, angkat biji-bijian pemberatnya. Isi dengan filling, lalu susun sisa adonan kulit menyerupai jaring di atasnya.
8. Panggang lagi pada suhu yang sama selama 10 menit.

Recipe source : Book of Basic Cake & Cookie

6 comments:

umi rina said...

Cihuyyyy...ada pie apple, mau dunk...:)

Shinta said...

pie-nya agak gosong, malu mau ngasih tetangga. Tp tetap abis sama si-om :D

nath said...

eehhmmm sajian manis menggugah selera... boleh tukeran link????
aku jg punya cooking blog.. makasi..

Shinta said...

Nath, tukeran link?? Boleeeh... :)

rental mobil said...

i love pie

sewa mobil said...

ehhmm enak kayaknya pasti saya akan mencoba membuatnya