Tuesday, 26 May 2009

Masak bareng : Ayam Goreng Tuturuga

Masakan Sulawesi Utara (Manado dan sekitarnya) memang kurang familiar buat saya. Pernah sih nyicip, tapi rasanya ga pernah masak sendiri, terima yang udah jadi aja. Makanya pas tau hasil polling adalah masakan ayam dari Sulawesi Utara, sempat agak bingung juga menentukan resep yang mau dimasak. Pengennya yang praktis gitu lho... (tetap kepraktisan yang diutamakan!). Maksudnya yang gampang bumbu dan prosesnya, trus cocok di lidah dan perut. Tahu sendiri kan, masakan Manado tuh dominan pedas.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya tertarik buat nyobain ayam tuturuga. Masakan ini seperti opor ayam tapi ada rasa pedas dari cabe. Trus dapat info kalo ayam tuturuga ini bisa dijadikan ayam goreng juga, yo wis dicoba aja.

Waktu pertama lihat resepnya sempat kaget karena cabe yang digunakan banyak banget. Pikir saya, pasti pedas banget nih! Akhirnya saya kurangi jumlah cabenya. Eeeh.. ternyata saat dimasak, rasa pedas dari cabe menyatu dengan bumbu-bumbu lainnya. Ditambah air jeruk nipis dan daun-daun yang digunakan meruntuhkan dominasi rasa pedas yang saya bayangkan, malah kayaknya kurang pedas deh. Mungkin karena cabenya dikurangi kali ya?! Susah deh mendeskripsikan rasanya dengan kata-kata, yang jelas maknyooos! Apalagi kalo dinikmati dengan nasi putih yang masih anget kepul-kepul tambah lalapan. Ga usah dibayangin deh, langsung nyobain aja yuuk....

Resep berikut untuk 4 potong ayam. Kalo mau bikin lebih banyakan, takaran bahannya silahkan disesuaikan sendiri yeee...
Sumber resep : Kreasi Masakan dengan sedikit modifikasi.

Bahan :
4 potong ayam, dicuci bersih lalu tiriskan
1/2 lembar daun pandan, disobek-sobek
1 lembar daun jeruk
1 tangkai daun kemangi, petik daunnya (saya ganti sweeet basil)
1/4 buah jeruk nipis, ambil airnya
150 ml santan encer
Gula dan garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
5-7 butir cabe merah (bisa dicampur rawit merah)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm jahe
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat :
1. Campur ayam, bumbu halus, daun-daun dan santan encer. Aduk rata.
2. Masak hingga mendidih lalu tambahkan air jeruk, gula dan garam. Masak lagi hingga airnya kental banget. Angkat.
3. Pisahkan ayam dari bumbunya.
4. Panaskan minyak, goreng ayam sampai sedikit kecoklatan lalu angkat.
5. Siapkan piring saji lalu tata ayam goreng dan lumuri dengan sisa bumbu tadi

Trus bulan depan, Masak bareng apa lagi ya???

Post a Comment