Sunday, 22 November 2009

Masak Bareng : Udang Lado Hijau

Sampai saat ini, udang masih jadi menu favorit di keluarga saya. Emang deh, udang ga ada matinya. Dimasak dengan bumbu macam-macam juga tetap maknyus! Liat aja dalam daftar menu seafood dapur ini, sebagian besar berbahan udang.
Kebetulan menu MasBar bulan ini bertema tentang udang, saya senang banget deh.

Masakan lado/balado tentu udah ga asing lagi buat orang Indonesia. Nah, kali ini saya nyetor masakan udang yang diberi bumbu balado. Karena pake cabe dan tomat hijau, jadi namanya udang lado (h)ijau.

Pertama bikin pake cabe hijau Thailand. Rasanya mantap banget, sampe mengap-mengap karena kepedasan. Herannya, walopun luar biasa pedas tapi ada yang ga bisa berhenti makan :D *lirik-lirik yang di samping*. Berikutnya bikin pake cabe hijau yang biasa dijual di supermaket (cabe Jepang). Dengan jumlah cabe yang sama, hasilnya tetap enak hanya saja tidak sepedas sebelumnya. Kalo dilihat, bumbunya ga terlalu hijau ya?! Soalnya ada tomat yang setelah ditumis warnanya jadi agak hijau kecoklatan. Yang mau nyicip, silahkan. Yang pengen nyoba masak sendiri, bikinnya gampang kok?! (fotonya sedang di-edit yaa... )

Bahan :
30 ekor udang, kurleb 500-600 gr (pake udang kupas juga boleh)
2 sdm air jeruk nipis/lemon
2 lembar daun jeruk
minyak goreng secukupnya
Gula-garam secukupnya

Bumbu halus :
4 butir cabe hijau, kalo suka pedas bisa tambah cabe rawit hijau
2 siung bawang merah
1/2 siung bawang putih
1 buah tomat hijau (kurleb ukuran sekepal tangan)

Cara membuat :
1. Kupas udang, sisakan ekornya dan belah punggungnya. Cuci bersih, tiriskan lalu beri air jeruk. Aduk-aduk dan diamkan kurleb 5-10 menit.
2. Siapkan minyak, goreng udang sampai matang lalu sishkan.
3. Ambil 5-6 sdm sisa minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi dan masukkan daun jeruk, gula dan garam. Aduk rata, masak hingga aroma pedasnya hilang.
4. Campur bumbu dan udang goreng, aduk rata. Siap disajikan.
Post a Comment