Friday, 5 December 2008

Tulip Hana Makizushi

Siapa yang belum tahu sushi tunjuk jari..!
Sushi itu makanan Jepang yang sudah terkenal dimana-mana. Sushi berarti nasi yang dicampur dengan asam cuka. Ada beberapa tipe sushi, lebih jelasnya baca di sini ya.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman sempat belajar membuat hana makizushi bersama Kiyono sensei. Baru sempat posting sekarang karena baru selesai mengedit foto-fotonya. Dalam bahasa Jepang, hana berarti bunga. Makizushi terdiri dari gabungan kata maki yang berarti gulung/menggulung dan kata sushi. Menurit kaidah bahasa Jepang, kata "sushi" bila bergabung dengan kata lain yang mengawalinya, spelling-nya menjadi "zushi". Sehingga hana makizushi berarti sushi gulung yang berbentuk bunga.

Waktu itu kita belajar beberapa bentuk hana makizushi dan yang paling sulit untuk dibayangkan yang berbentuk bunga tulip ini, tapi setelah melihat langsung cara pembuatannya ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Yang lainnya cukup mudah, kalo menurut saya. Hehehe... Nanti deh, bentuk bunga lainnya kalo pas bikin sendiri akan saya coba membuat foto step by step pembuatannya. Just wait and see... :D

Bahan dasar sushi gulung ( untuk 5 cup beras Jepang, 1 cup @ 180 cc):
100 cc cuka sushi (bisa diganti cuka apel kalo di Indonesia)
2 sdm gula pasir
1 sdm garam halus
(gula dan garam tersebut sebagai pengganti mirin yang tidak "aman" untuk saya konsumsi)

Tambahan untuk membuat tulip hana makizushi:
Nori yang lebar secukupnya
Timun hijau, diiris sehingga menjadi 1/2 lingkaran tanpa menyertakan bijinya
Smoked salmon (bisa diganti sosis atau wotel yang dibelah menjadi seukuran jari kelingking)
Horensho direbus hingga layu (bayam Jepang, atau sayuran hijau lainnya)
Peralatan yang diperlukan :
Makisu, sumpit besar.

Cara membuat :
1. Masak nasi seperti biasa dengan rice cooker sampai matang. Kalo tidak ada beras Jepang, bisa diganti dengan campuran beras biasa dan ketan.
2. Sementara itu campur cuka dengan gula dan garam, aduk hingga gula dan garam larut.
3. Siapkan nampan atau wadah untuk tempat mengaduk nasi dan campuran cuka. Lalu campur cuka dan nasi yang masih hangat. Aduk hingga benar-benar rata.
4. Nasi sushi siap digunakan.

Sekarang lanjut cara membuat tulipnya ya...

1. Di atas makisu letakkan selembar nori. Beri nasi sushi, ratakan hingga menutupi permukaan nori (tidak perlu tebal-tebal) dengan menyisakan kurleb 0,5 cm pada ujung kiri dan kanan tanpa diberi nasi. Perhatikan gambar A.
2. Buat 2 gundukan nasi menyerupai gunung ditengahnya (gambar B).
3. Tutupi gunung dengan selembar nori, supaya tengahnya rapat tekan dengan bantuan sumpit besar. Ratakan nori hingga menutup samping gundukannya (gambar C).
4. Isi tengah gundukan dengan smoked salmon ( atau penggantinya) dan horensho rebus (gambar D). Letakkan satu potongan timun pada masing-masing sisi gundukan (gambar D-1 yang ada di bagian bawah).
5. Gulung sushi tersebut dari arah yang sejajar dengan gundukannya sambil sedikit ditekan agar padat (gambar E), sehingga setelah digulung bentuknya menjadi seperti yang terlihat pada gambar F.
6. Makizushi siap dipotong. Hasil potongannya seperti foto yang paling atas.

Sedikit tips supaya nasi sushi ga nempel-nempel di tangan, sebelumnya basahi tangan dengan sedikit asam cuka. Mudah kan???! kalo ada kurang jelas, jangan malu bertanya ya... ;)
Post a Comment