Monday, 8 December 2008

Sup Kimlo

Musim dingin begini enaknya makan yang anget dan berkuah. Tapi tetap ga pengen yang bumbu dan prosesnya ribet. Pokoknya yang praktis. Salah satunya ya sup kimlo ini. Bumbunya ga macam-macam.

Ada berbagai versi resep sup kimlo, yang satu ini versi dapur mungil. Saya menggunakan gunakan kaldu udang, plus saus tiram. Kalo suka kaldu ayam, ya tinggal diganti dan ditambahi daging ayam yang dipotong dadu, sosis ayam, rolade ayam/bakso dan lain-lainnya. Sesuaikan dengan selera aja ya..

Bahan :
1,5 lt air
150 gr udang kupas
20 butir telur puyuh rebus
20 butir bakso ikan
60 gr kapri
2 buah wortel, diiris
50 gr jamur kuping, rendam air panas lalu diiris
50 gr soun/harusame, rendam air hangat lalu tiriskan
4 sdm saus tiram
Seledri/daun bawang secukupnya, diiris
Bunga sedap malam, saya ga pake karena ga punya
Gula - garam secukupnya

Bumbu :
4 siung bawang putih, diiris
1 buah bawang bombay kecil, diiris
3 cm jahe, dimemarkan
1,5 sdt merica bubuk

Cara membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan udang dan jahe. Biarkan hingga wangi kaldu udangnya keluar.
2. Tumis irisan bawang sampai wangi, lalu masukkan ke dalam air rebusan udang.
3. Masukkan telur puyuh, bakso ikan, sayuran dan jamur kuping.
4. Tambahkan saus tiram, gula, garam dan merica. Terakhir masukkan soun/harusame.
5. Nikmati selagi hangat.

Gampang kan?! eh, kalo pengen lebih pedas tinggal tambah sambal aja.

Post a Comment