Thursday 31 July 2008

Masak Bareng : Lontong Lodeh

Ini potluck untuk event masak bareng. Kalo mau ngumpul di satu dapur kayaknya ga mungkin karena kita bermukim di benua/daratan yang berbeda. Akhirnya menu aja yang disamakan. Yang punya ide masak lontong lodeh ini mbak Ayin-Norway, trus idenya dapat apresiasi positif dari teman-teman lainnya tentunya dengan kreasi masing-masing. Seru juga masak bareng begini, maksudnya masak didapur masing-masing tapi menunya sama.

Resep lodeh sudah pernah saya posting. Untuk event ini saya ga nemu labu siam, jadi pake buncis dan rebung aja ditambah telur puyuh supaya lebih yummy, trus sebagian cabenya dihaluskan ;) Lontongnya saya buat dengan menggunakan aluminium foil. Mau tahu caranya??

Bahan : 2 cup beras Thailand (beras Jepang ga bisa padat kalo dibikin lontong). Aluminium foil secukupnya.

Cara membuat : beras dicuci bersih, lalu dimasak sampai menjadi nasi (seperti memasak nasi biasa, pake rice cooker juga ok). Setelah itu, ambil selembar aluminium foil dan buat gulungan seperti tabung, rapatkan salah satu ujungnya sehingga tertutup. Pada ujung lainnya yang masih terbuka, masukkan nasi sampai 2/3 volume tabung aluminium foil. Rapatkan kembali ujung yang terbuka tadi. Lakukan hal yang sama sampai seluruh nasi habis. Siapkan panci besar, masukkan lontong dan penuhi panci dengan air. Masak sekurangnya selama 1,5 jam (lebih lama juga gpp). Bila belum 1,5 jam airnya banyak berkurang, tambahkan dengan air hangat lalu teruskan memasak. Setelah matang, angkat dan tiriskan lontong. Usahakan lontong diletakkan dalam posisi tegak. Biarkan hingga dingin dalam suhu kamar.

Tips :gulungan aluminium foil usahakan berlapis ganda agar nasi tidak keluar saat dimasak. Gunakan beras Thai yang hasil nasinya lebih lunak/agak lengket untuk mendapatkan hasil lontong yang lebih baik.

Penyelesaian : Potong lontong, tata di piring saji. Beri sayur lodeh secukupnya. Lengkapi dengan kerupuk, bawang goreng dan sambal. Siap dinikmati.

9 comments:

A.G said...

wow... gampang ternyata sek model gitu yo, ra sah sue nggodoke.. :D

aku kl ndak ada dong gedang pk boil in bag jasmine rice thailand, lontonge dadi apik ngono tp pucet :D

tnx yo..;) lain kali masak lagi yuuuuuk

Shinta Octaviani said...

Mbak Ayin, soalnya beras dimasak jd nasi dulu makanya ga perlu lama godog-nya. Kalo masih beras mentah atau cuma di-aron aja, emang lama godog-nya :D Hemat energi (gas kompor), hemat biaya... ;)

Dwiana P said...

aduh dah lama gk makan lodeh.... pengen!!!

Lidia Sianturi said...

wah..baru tau gitu toh caranya...
bravo Shin! ntar lain kali aku nyonto ah..

Elsye said...

shinn...itu ga pahit lontongnya Jeng ? aku jadi pengen bikin juga euyy..btw dapet labu siam ga disini ?

Indonesia Eats said...

Lontong lodeh hikss... kangen... kalo di Sidoarjo pk pelengkap sate kerang nyammm

Anonymous said...

Bikin Lontong,
kalau di Europa bisa beli berasnya yang sudah berada didalam kantong plastik yang banyak bolongannya.
Isinya 125gr beras setiap kantong.
Ini hanya langsung dimasak sampai berasnya jadi lontong(kantong plastiknya jadi padat).
Dan didinginkan, sebaiknya seharian dan baru di-potong².

gR said...

Hai mba.. Aku lagi coba bikin nih sekarang. Udah sejam lebih.. Tandanya klo udah mateng apa ya? Mohon informasinya.. Trims.

Shinta Octaviani said...

Haloo gR, bikin lontongnya berhasil ga? Aku ga liat apa tandanya kalo udah matang, cuma berdasarkan timer aja. Maaf ya belum bisa membantu.
Anyway, makasih sudah mampir. :)