Tuesday, 28 June 2016

Menyiapkan Teh Manis dalam Dispenser

Saya ingin berbagi pengalaman tentang menyiapkan teh manis dalam porsi banyak menggunakan drink jug / dispenser.

Terus terang saya tidak berpengalaman menyediakan minuman teh manis dalam porsi banyak. Biasanya hanya menyediakan teh tawar dalam dispenser dan sugar stick. Akhir pekan lalu, saya kebagian tugas menyiapkan teh manis untuk acara bukber di masjid komplek perumahan. Manis di sini maksudnya, teh yang ada dalam dispenser sudah dicampur dengan gula. Ada 3 dispenser dengan kapasitas 16, 13 dan 10 liter.

Saat dispenser itu diantar petugas RT ke rumah, saya sempat tanyakan berapa takaran gula dan tehnya? Jawaban tidak pasti. Dan saya disarankan untuk mencicipi saja. Padahal saat itu sedang berpuasa, jadi saya coba browsing tentang takarannya dan tertarik dengan tips yang ada di sini. Karena minuman ini untuk bukber, request dari pengurus adalah teh manis hangat. Jadi takarannya saya sesuaikan untuk teh tanpa es. Untuk yang suka pakai es, silahkan mengkuti resep pada link di atas.

Untuk dispenser 10 liter, takaran dan cara membuatnya sebagai berikut :

800 gr gula pasir
1 kotak teh poci vanila @ 50 gr
1 bungkus teh cap Botol @ 40 gr
9 liter air

Cara membuatnya  :
1. Panaskan 3 liter air sampai mendidih, lalu seduh kedua teh selama 15-30 menit didalam panci atau wadah tahan panas yang bertutup.
2. Panaskan gula dengan 2 liter air hingga semua larut dan mendidih. Tuang ke dalam dispenser.
3. Campurkan cairan teh dan larutan gula.
4. Panaskan sisa air hingga mendidih, gunakan untuk menyeduh sisa teh tadi. Karena 1x seduh, warnanya masih bisa keruh. Lakukan beberapa kali hingga seduhan menjadi berwarna bening. Bila air panasnya masih bersisa, tambahakan saja ke dalam dispenser.

Notes :
- Untuk dispenser 13 liter, gunakan 1 kg gula, 1,5 kotak teh poci, 1,3 bungkus teh cap Botol dan 12 liter air.
- Untuk dispenser 16 liter, gunakan 1,2 kg gula, 2 kotak teh poci, 2 bungkus teh cap botol dan 15 liter air.

Selamat mencoba!

Post a Comment