Monday 14 July 2008

Carrot Cake


Beginilah hasilnya kalo lagi mati gaya dalam mendekor cake. Dekor cuma pake melted white chocolate, disemprotkan dengan pola zig-zag bolak-balik (chocolate line was started and finished at the same side). Ga tau deh istilah tepatnya, tapi bisa dimengerti kan sodara-sodara??! :D Trus biar ga polos-polos amat, saya taburi sprinkle warna-warni. Kenapa pake coklat leleh aja?? soalnya kalo pake whipped cream bakalan meleleh belepotan kena suhu musim panas begini. Mau bikin butter cream, ga sempat juga. Seminggu kemarin banyak kesibukan yang cukup menyita waktu dan tenaga. So, pake yang gampang aja dan kebetulan yang tersedia di rumah tinggal coklat putih. Itu aja, sempat belepotan sedikit. Tuh liat aja yang bagian di ujung kiri :D Untung belepotannya sedikit, hihihi.... Biar agak belepotan yang penting niatnya ikhlas.

Carrot cake ini dibuat untuk Sayuri san, teman yang sudah saya anggap seperti ibu sendiri karena beliau sangat baik dan usianya sebaya dengan bunda saya. Week end kemarin kami janjian ketemu di Tokyo Int'l Book Fair, sekalian kangen-kangenan soalnya udah hampir setahun kami ga ketemu. Beliau tinggal di Yokohama dan saya di Tsukuba. Seperti orang tua kepada anak, beliau selalu datang dengan banyak bawaan. Pokoknya pulang ke Tsukuba, 'tentengan' saya jadi nambah. Jadi ingat jaman kost di Jogja, kalo ayah/bunda datang nengokin pasti bawa banyak 'sangu'. Hiks... jadi kangen ayah/bunda.

***Ganti topik ah, soalnya mata dah berkaca-kaca nih.... ***

Rasa cake ini yummy banget, wortel-nya hampir ga terasa karena sudah membaur dengan aroma kayu manis dan brown sugar. Ga bikin eneg. Dan tingkat kegagalannya rendah. Yang pengen nyicip, silahkan coba resep berikut. Tapi kalo ga sempat bikin sendiri, boleh pesan kok.... Hehehe... ;)

Bahan :

  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir (saya pake 150 gr aja)
  • 150 gr brown sugar halus (saya pake 100 gr aja)
  • 250 gr terigu
  • 450 gr wortel, diparut atau diblender
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt cinnamon powder
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 cup (240 ml) salad oil
  • Pelengkap : kacang kenari/mete sangrai, dicincang kasar (optional, saya ga pake)

Cara membuat :
1. Campur dan ayak terigu dengan baking powder, baking soda dan cinnamon powder. Sisihkan.

2. Kocok telur dan gula (gula pasir dan brown sugar)dan garam sampai mengembang dengan speed tinggi.

3. Turunkan speed mixer, masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Kocok hingga tercampur rata.

4. Matikan mixer, masukkan parutan wortel, kacang cincang dan salad oil lalu aduk sampai rata dengan spatula.

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti atau loyang muffin yang dialasi paper cup. Panggang pada suhu 170 C selama 30-40 menit.


Notes : 1 resep ini saya pake loyang oval dan loaf.

Recipe source : Joy of Cooking modified by Shinta

10 comments:

chenmarlin said...

beberapa kali ingin coba carrot cake tapi ragu2, suatu hari pasti saya coba resepmu, tfs.

Shinta Octaviani said...

Halo Chen.... Silahkan dicoba resepnya, gampang kok.

Anonymous said...

aslm...mbak shinta, mau tukeran link donk...
aku uda pasang link mbak di blog ku...link balik ya...maksi mbak

A.G said...

aku rung tau nyuba gæ dw tp lek maeme wes tau :D mau dwong apalagi icinge ayu kyk seng gæ

Lia said...

udah cakep koq hasilnya buktinya aku ngiler hehehhee

Elsye said...

gampang dan enak ya shin :D....jadi pengen bikin juga :P

Defidi said...

halo mbak pa kabar, carrot cake yummmy, aq suka buatkan juga tuk anak-anak,herannya dipasaran jarang ada yg jual ya secara lagi malas buat kan bisa beli gitu. salam

amethys said...

carrot cake kayanya lebih enak klo pakai "cream cheese icing"

kuenya bagus2......

Sheila said...

Shinta, minggu lalu aku juga coba kue ini. Tadinya sempet ragu2, soalnya agak pesimis sama cake yg ada sayurnya :D. Tapiiii....rasanya uenaaak ya. Baru aja aku selesai bikin kue ini lagi. Anak2ku doyan banget, Shin. Aku ambil resepnya dari All Recipes. Kayaknya sih bahan2nya hampir sama semua.
Jadi pengen posting hasil kueku yg kemaren...hehehe.

Shinta Octaviani said...

mbak Ayin, monggo dicobain resepnya. Gawe dewe itu kadang lebih memuaskan lho... soale bisa disesuaikan dgn selera sendiri ;)

mbak Lia Gurun, masih ngiler ga ya?? kalo ngiler, buruan bikin biar ngilernya ga kelamaan :D

mbak Elsye, iya gampang dan enak. Bikin yuuk bikin... ;)

Mbak Defidi, iya tuh di Jepang juga aku jarang nemuin carrot cake di toko kue. Tp bikin sendiri juga gampang kok mbak... :D

mbak Amethys, memang di resepnya pake cream cheese icing. yang ini karena disesuaikan dgn persediaan, yg ada coklat putih ya udah itu yg dipake.

mbak Sheila,iya mbak wortelnya udah blend dgn bahan-bahan lainnya. Pokoke enak deh, wong putra-putri mbak Sheila jg suka kan??! Ayo posting.. posting ;)