Friday, June 20, 2008

Putu Ayu

Kelapa parut kering ternyata bisa juga dipake buat bikin kue putu ayu, tapi harus diakali dulu supaya ga berantakan. Gimana caranya? Hehehe... mungkin buat yang tinggal jauh dari tanah air Indonesia tercinta, cara mengakali kelapa kering gini udah pada tahu bahkan mungkin sudah sering dilakukan ya?! Soalnya ga ada yang jual kelapa parut segar. Mau ga mau harus kreatif, supaya bisa bikin makanan kayak yang biasa kita temukan di tanah air.
Sekedar berbagi pengalaman, tips untuk kelapa kering ada di bagian bawah. Sekarang resep putu ayu dulu ya....


Bahan :
2 butir telur
80 gr gula
130 gr terigu
125 ml santan kental hangat
1 sdt pandan pasta
50 gr kelapa parut + sedikit garam
Minyak goreng untuk mengoles cetakan


Cara membuat :
Kocok telur dan gula sampai mengembang, tambahkan terigu sedikit demi sedikit. Selingi dengan menambahkan santan lalu masukkan pandan pasta. Aduk rata dengan spatula. Sementara itu panaskan kukusan dan beri alas serbet pada tutupnya. Isi dasar cetakan yang telah diolesi minyak dengan kelapa parut, tekan-tekan sedikit supaya padat. Selanjutnya tuang 2-3 sdm adonan. Kukus kurleb 10-15 menit.

Recipe source : Dapur Bunda


Tips mengolah kelapa kering
1. Bila parutan kelapa cukup kasar, blender sebentar untuk mendapatkan parutan yang lebih halus. Untuk kue biasanya perlu yang agak halus.
2. Basahi kelapa kering dengan air hangat. Kalo saya, 50 gr kelapa memakai kurleb 50 ml air hangat. Aduk-aduk, hingga menjadi lebih lunak. Supaya ga cepat basi, bisa dikukus selama 10 menit. Cara ini bisa digunakan untuk membuat kelepon, isi dadar gulung dan bumbu urap.
3. Untuk putu ayu, kelapa yang telah dibasahi air hangat tadi ditambahkan 5 sdm tepung maizena. Aduk-aduk hingga rata, tambahkan sedikit air hangat lagi bila perlu lalu kukus selama 10 menit. Setelah diangkat dari kukusan jangan diaduk-aduk lagi. Ambil secukupnya dengan menggunakan sendok teh, kemudian ratakan di dasar cetakan putu ayu.
Ini putu ga kebagian kelapa parut, namanya jadi putu ganteng :))

9 comments:

elsye said...

aku suka gatot bikin putu ayu..hikss..pokoknya yang dikukus pasti gatot deh...huhuhu

cakep shin putu ayunya...:D

Shinta said...

preheat kukusannya kurang kali mbak Elsye. Ayoo coba lagi.... enak lho :)

Ayin said...

ga pake ovelet yo ? hmm ketok ayu tenan :)

chenmarlin said...

thanks utk tips kelapanya, disini ada kelapa tetapi ngga punya parutan dan kelapanya tua2, biasa digunakan utk soup, kapan2 coba ah. tfs.

akakerin said...

Hai Shinta
saya akan cuba resepi ini nanti,salam perkenalan.

Dwiana P said...

gw waktu itu bikin putu ayu enak hasilnya lembut hanya.... si kelapa gk mau tinggal dibawah. so pas dibalik cetakannya kelapanya menghilang, campur sama adonan euy.

punya mu masih ada kelapanya - bagus

Shinta said...

To mbak Ayin, ga pake ovalet aja bagus kok. Soalnya pake 2 kukusan, jadi adonan ga lama nganggur.

To Chenmarlin,iya sama di Tsukuba juga adanya kelapa tua, keras dan kering. Silahkan dicoba tips-nya ya..

To Akakerin, silah coba recipe ini, enak kok.

To mbak Dwiana, makanya kelpa ditambahin maizena dulu biar agak padat. Kalo kelapanya ga mau keliatan, tandanya pengen jadi putu ganteng mbak! Hihihi...

Lia said...

aku punya cetakan ampe skg ga pernah buat "males.com" :D

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!