Friday, 28 March 2008

Roti Sobek Bunga Matahari

Ada banyak resep roti sobek, yang ini saya coba dari resep yang ada di dalam file resep saya. Sumber-nya udah lupa dulu dapatnya dari mana, jadi buat yang merasa pernah posting resep ini silahkan tunjuk jari ya....

Trus karena saya pake loyang bulat, bentuk roti sebelum disobek jadi kayak bunga. Suami sempat tanya, "ini namanya roti bunga matahari ya??" Saya pikir, hmm.... boleh juga nih dinamain begitu. Apapun namanya, yang penting rasanya yummy kok... Apalagi kalo margarin diganti butter, lebih yummy!
Bahan :
300 gr terigu protein tinggi
200 gr self rising fluor (all purpose fluor + 1 sdm baking powder)
130 gr gula pasir
15 gr instant yeast / ragi instant
180 ml susu cair hangat (ga perlu dipake semua)
2 butir telur
75 gr margarin (bisa diganti butter)
1 sdt garam

Bahan isi : sesuai selera. Yang di foto (atas) isinya pisang.
Topping : kuning telur+wijen atau susu cair. Kalo saya pake susu cair aja.

Cara membuat :
1. Campur terigu, gula dan ragi. Aduk sampai rata.
2. Buat lubang di tengahnya, masukkan telur. Aduk kembali hingga tercampur rata.
3. Tambah susu sedikit demi sedikit sambil di uleni. Selingi dengan memasukkan margarin/butter. Uleni terus hingga kalis dan elastis.
3. Masukkan garam dan ulenil lagi.
4. Tempatkan adonan dalam wadah tertutup dan letakkan di tempat yang hangat. Lalu istirahatkan adonan sampai mengembang 2x lipat.
5. Ambil sekepal adonan, timbang kurleb 35-40 gr, beri isi lalu bulatkan.
6. Atur bulatan di dalam loyang yang telah dioles margarin. Beri jarak kira-kira 1 cm antara satu sama lain. Diamkan selama 10 menit. Lalu beri topping.
7. Panggang pada suhu 180 C selama 10 menit.

Seperti biasa, saya bikin 1/2 resep aja. Secara tenaga masih kurang kalo nguleni 1 resep. Jadinya 13 bulatan.
Post a Comment