Tuesday, 19 February 2008

Udang Saus Tiram

Ga niat belanja, tau-tau nemu udang yang lagi diskon. Bagaikan dapat durian runtuh, langsung diambil deh. Udang-nya gede-gede lagi... Hmmm, sedaaap!

Bahan:
10 ekor udang
1/2 pak kapri/ercis
2 siung bawang putih, dicincang kasar
1/2 butir bawang bombay, diiris
2 butir cabe merah, diiris
6 sdm saus tiram
2 sdm saus tomat
1 gelas air
2 irisan jeruk lemon/nipis
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Merica, gula dan garam secukupnya
1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dgn sedikit air (optional).


Cara membuat :
1. Udang dicuci lalu beri perasan jeruk lemon. Kalo saya, ga perlu dibuang kulit dan kepalanya biar kaldunya tambah sedap.
2. Tumis bawang putih, bawang bombay dan merica sampai wangi. Tambahkan air dan cabe, masak hingga mendidih.
3. Masukkan udang, biarkan sebentar agar kaldunya keluar.
4. Tambahkan saus tiram, saus tomat, gula dan garam garam. Lalu tambahkan kapri.
5. Tambahkan larutan tepung maizena sesaat menjelang diangkat, aduk-aduk hingga rata.
6. Sajikan hangat.


Note : Udangnya langsung dicemplungi aja supaya mengurangi minyak dan terasa kaldunya. Kalo udangnya mau digoreng dulu juga boleh, ntar tinggal disiram saus.
Post a Comment