Monday, July 1, 2013

Menu Berbuka Puasa & Sahur

Sebelum memasuki bulan Ramadhan tahun lalu, saya pernah posting menu untuk berbuka dan sahur. Tahun ini saya juga membuat hal yang sama. Lagi-lagi, menu ini disusun untuk 10 hari pertama puasa. Hari ke-11 tinggal mengacu menu hari pertama lagi, maksudnya bisa dengan bahan yang sama tapi berbeda bumbu. Misalnya hari ke-11 dengan menu sup daging plus sayuran, tempe/tahu bumbu Bali. Kelihatan kan persamaan dan perbedaannya dengan menu hari pertama?! Begitu pula hari-hari berikutnya.




Susunan menu puasa kali ini, hampir sama dengan yang tahun lalu. Hanya ada sebagian perubahan saja. Yang sama adalah menghindari santan. Karena suami saya belum bisa menikmati masakan bersantan, kecuali santan encer. Bagi yang suka menu bersantan, silahkan disesuaikan. Dan tentu saja, hampir semua menu tersebut posted di dapur ini. Sehingga bila ada yang belum tahu resepnya, silahkan 'search recipe' ya.... :)

Ada beberapa masakan yang bisa dicicil dari beberapa hari sebelumnya. Seperti empal gepuk bisa dibumbui 2 hari sebelumnya lalu simpan di kulkas, jadi tinggal digeprek dan digoreng sebelum disajikan. Rolade tahu biasanya tahan 2-3 hari di dalam kulkas asalkan masih terbungkus. Begitu pula dengan bacem yang sudah dibumbui, masukin kulkas dengan wadah tertutup rapat lalu digoreng saat mau disajikan. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu di dapur.

Semoga bermanfaat dan silahkan mengutak-atik menu bila dirasa kurang pas dengan selera.
Dan saat sahur, usahakanlah untuk mengurangi makanan yang berminyak agar tenggorokan tidak terlalu kering di waktu siang.
Dapur mungil mengucapkan, Selamat menunaikan shaum Ramadhan.

Note : klik pada gambar untuk lebih jelas.

No comments: