Tuesday 24 July 2012

Menu Berbuka & Sahur

Ada yang bingung saat menyiapkan menu untuk berbuka dan sahur? Don't worry, nih saya kasih bocoran biar ada bayangan menunya. Mau sama persis, boleh. Mau divariasikan, dikurangi ataupun ditambah, silahkan. Sesuaikan aja dengan selera ya.. :D Dan hindari mubadzir ya.. makanya saya ga bikin banyak macam masakan, bikin secukupnya aja.

Berikut ini susunan menu berbuka dan sahur dari dapur saya. Sebagian besar resepnya sudah pernah ditayangkan.Yang mau nyontek, silahkan masukin kata kunci ke "search recipe" ya... Menunya disusun untuk 10 hari, hari ke-11 tinggal ngikuti menu pertama aja atau dengan bahan dasar yang sama tapi diganti bumbunya. Misalnya ayam goreng diubah jadi ayam bakar. Bistik jawa bisa diubah jadi semur daging atau rawon. Pepes ikan bisa diganti ikan rica-rica ataupun balado. Just be creative!

Menu ini memang sengaja tidak memasukkan masakan yang memakai santan. Untuk takjil yg seharusnya memakai santan, saya ganti susu kental manis atau pake santan encer. Karena suami saya, sedang menghindari santan. Harap dimaklumi ya..

Terus khusus untuk menu sahur, sesuai request penikmat masakan saya, harus ada kuah-kuah / bening. Biar segar dan tidak membuat tenggorokan cepat kering saat berpuasa. Ok, here we go.


Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah shaum Ramadhan.
Note : klik tabel untuk lebih jelas.

5 comments:

vi-dee said...

salam kenal mba shinta, thx utk ide menu puasa nya dan jg resep pempek adaan, saya sdh coba dan hasilnya enak....
btw, mba shinta istrinya luki? soalnya wajahnya mirip. maaf ya kalu salah soalnya saya baru ketemu 1x...

Shinta Octaviani said...

Haloo... ini mba Vi-dee yg mana ya? Maaf, terus terang aku lupa nih. Iya benar, aku istrinya Luki. Luki yang di Limno-LIPI kan maksudnya?!

Salam kenal ya... Selamat berpuasa and Thanks for stopping by :)

vi-dee said...

dulu ruangan kerjaku di sblh luki,,resep2nya so helpful,thx so much

Shinta Octaviani said...

O..gitu ya mba?! mas Luki sih ingat. Salam, katanya.
Silahkan dicoba resep-resepnya. Sebagian besar resepku gampang kok, apalagi waktu masih tinggal di jepang. Soalnya disesuaikan ama bahan yg ada.

Jasa Iklan said...

terimakasih atas info resepnya ,mak nyuss deg buat buka puasa
RESEP BOLA UDANG SALJU
RESEP CAH TAUGE TAHU
RESEP KAENG KHEW WARN KUNG (THAILAND)
RESEP KARE AYAM INDIA
RESEP KULIT BEBEK PEKING GULUNG (CHINA)
RESEP MISO SOUP TOFU (TOKYO)
RESEP ROTI CANAI (KUALA LUMPUR)
SAPI KUAH BUMBU MONGOL +
SIOMAY (ChinA)
SUP DAGING IKAN DENGAN APEL (Tokyo)
TAHU ISI GORENG SAUS PEDAS (Malaysia)
TUMIS UDANG TIGA RASA (China) +
UDANG TELUR ASIN (MALAYSIA)
VEGETABLE BIRYANI (Bombay)