Saturday, 18 May 2013

Pempek Dos

Pempek dos adalah pempek yang tidak menggunakan ikan. Biasanya terbuat dari campuran terigu dan tepung tapioka/kanji/sagu yang diberi bumbu. Pempek ini seringnya tidak direbus dulu, langsung digoreng. Saat digoreng, adonan akan meletup-letup mengeluarkan bunyi dus-dos. Itulah mengapa orang Palembang menamakannya pempek dos.

Karena tidak ada sumber protein, pempek dos ini saya isi kocokan telur dan tahu putih. Terus dibuat bentuk pempek kapal selam mini. Sengaja direbus dulu agar isi telornya matang sempurna, baru kemudian digoreng sebelum disajikan.

Bahan :
125 gr terigu
50 gr tepung beras
175-200 gr tepung tapioka /sagu
300 ml air
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 siung bawang putih, dihaluskan
2,5 sdt garam
1 butir telur

Bahan isi : semuanya dicampur
2 butir telur (ukuran sedang), dikocok lepas
1 potong tahu putih, dicacah kasar dengan garpu
1/2 sdt garam halus

Pelengkap : saus cuko + irisan timun

Cara membuat :
1. Didihkan air, kaldu bubuk, bawang putih dan garam. Angkat.
2. Campur air mendidih tadi dengan terigu dan tepung beras. Aduk cepat sampai rata dengan sendok kayu/spatula hingga menjadi hangat-hangat kuku.
3. Tambahkan telur, aduk lagi sambil menambahkan tepung tapioka/sagu sedikit demi sedikit, sampai adonan bisa dibentuk. Kalau perlu, gunakan blender agar tercampur rata. Tapioka/sagu tidak perlu digunakan semua bila adonan sudah bisa dibentuk.
4. Panaskan air sampai mendidih (untuk merebus), tambahkan 1 sdm minyak sayur.
5. Ambil sekepal adonan, padatkan hingga berbentuk oval lalu lubangi dengan dua jari. Isi lubang tersebut dengan 1 sdm adonan isi. Tutup dan rapatkan permukaannya. Usahakan jarak isinya kurleb satu ruas jari dari permukaan, agar tidak tumpah saat ditutup. Langsung rebus ke dalam air mendidih, biarkan mengapung agak lama baru diangkat dan ditiriskan.
6. Lakukan sampai adonan habis.
7. Goreng pempek dos yg sudah direbus sampai permukaannya sedikit kering. Lalu sajikan dengan saus suko dan irisan timun.
Post a Comment