Saturday, July 21, 2012

Udang Saus Padang

Buat saya, menu berbahan udang selalu saja menggugah selera. Coba saja buka-buka arsip lama dapur ini, ada bervariasi olahan udang yang pernah saya tampilkan.

Kalo sajian udang yang satu ini, sebenarnya bukan hal baru. Berhubung baru sekarang sempat dijepret, ditayangin deh. Trus karena ada sedikit tahu dikulkas, saya campur aja.

Bahan :
250 gr udang
4 potong tahu putih, dipotong dadu trus digoreng sebentar (optional)
1/2 buah jeruk nipis / lemon
1/2 butir bawang bombay, diiris
200 ml air
2 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat (atau 1 buah tomat kecil dihaluskan)
1 sdm saus tiram
2 cm jahe, dimemarkan
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, diiris serong
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
Gula dan garam secukupnya
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
4 butir cabe merah (bisa ditambah cabe rawit kalo suka lebih pedas)
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah

Cara membuat :
1. Cuci udang sampai bersih, tiriskan. Lalu beri perasan air jeruk dan sedikit garam, aduk-aduk. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan merica bubuk hingga bawang layu..
3. Masukkan udang. Aduk-aduk sebentar hingga berubah warna.
4. Tambahkan air, jahe, daun salam, daun jeruk dan semua saus.
5. Tambahkan garam dan gula. Tutup sebentar agar bumbu meresap dan sausnya sedikit mengental lalu angkat.
6. Siapkan piring saji. Tuang udang dan sausnya, taburi dengan irisan daun bawang.