Monday, 25 January 2010

Masak Bareng : Bakpao Kacang Hijau

Yang jarang banget di temui di Jepang, salah satunya adalah makanan yang dijual di kaki lima/trotoar atau pinggir jalan. Pedagang kaki lima di sini maksudnya yang tempat berjualannya tidak permanen. Misalnya yang pake gerobak dorong, selesai jualan trus gerobaknya ikut pulang. Kalo di Jepang, sebagian besar ada kedai ataupun warung kecil.

Salah satu yang dikangenin adalah bakpao. Dulu waktu masih di Bogor, suka beli bakpao yang gerobaknya mangkal di depan supermarket Matah*** di Taman Topi. Ga tahu deh, sekarang masih ada atau ga. Apalagi kalo pas hujan ( kota hujan gitu lho...) dan sedang ada di sekitar sana, wahh... enak banget deh makan bakpao. Hangat-hangat, empuk dan yummy!

Musim dingin pertama di Jepang saya suka beli bakpao isi kacang merah (an man) karena waktu itu ada yang ingtredients-nya "aman". Akhir-akhir ini saya tidak menemukan lagi yang aman. Kebetulan sekarang sedang musim dingin, saya coba bikin sendiri tapi isinya pake kacang hijau. Lumayan buat obat kangen sama bakpao :D Yang mau coba, yuuk mariii...


Bahan dasar kulit bakpao :
150 gr terigu protein tinggi
150 gr terigu serba guna
4 sdm gula pasir
8 gr (1 sdm) ragi instant
1 sdt baking powder
2 sdm salad oil/minyak goreng biasa
1/2 sdt garam
160 ml susu cair hangat

Isi : 100 gr kacang hijau direbus hingga empuk, tambahkan gula secukupnya dan sedikit garam. Dimasak hingga airnya mengering.

Cara membuat :
1. Campur kedua terigu, gula pasir, baking powder dan ragi instant. Aduk rata dengan sendok atau whisker.
2. Tambahkan susu hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Masukkan salad oil, uleni lagi. Tambahkan garam, uleni terus hingga kalis dan elastis.
4. Tutup wadah adonan, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2x lipat.
5. Sementara itu adonan isi dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng. Sisihkan.
6. Timbang adonan kulit kurleb 40-50 gr (atau seseuai selera), pipihkan, beri isi ditengahnya lalu bentuk bulat. Lakukan hingga semua adonan habis. Diamkan 10-15 menit.
7. Panaskan kukusan hingga beruap banyak. Tutupnya dibungkus serbet agar uapnya tidak menetesi adonan. Kukus bakpao dengan dialasi kertas roti, kukus selama 15 menit.

Untuk 12-14 potong.
Recipe source : Cookpad modified by Shinta
Post a Comment