Friday, 15 January 2010

Bubur Ayam

Pernah lihat bubur ayam yang berkuah dan agak kuning? Kalo ga salah namanya bubur ayam Betawi. Nah, yang di atas itu pengennya begitu tapi kuahnya kurang banyak. Lha iya, soalnya pake sisa kuah soto ayam menu kemarin jadi asal berair aja :D

Ini bubur ayam minimalis banget. Bubur ayam kan harusnya pake irisan cakwe, kedele goreng, telur dadar iris, sambel plus kecap serta pelengkap lainnya. Kecapnya sih ada, cuma botolnya gede jadi menuh-menuhin kalo difoto. Lagi pula, bikin ini karena ada yang pengen bubur ayam, ya udah direalisasikan dengan bahan seadanya plus sisa kuah soto. Eh, walaupun minimalis tapi ga kalah gurihnya lho... Liat aja tuh, sampe ada yang nambah :D

Saya bikin buburnya dari nasi yang telah matang. Kalo dari beras, butuh waktu lebih lama untuk menjadi bubur. Pilih yang cepat dan praktis aja ;)
Bahan :
2 piring nasi matang
100-150 gr ayam, bisa boneless ataupun bertulang
1,5 Lt air
3 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 cm lengkuas dimemarkan
minyak goreng secukupnya
Gula-garam-merica bubuk secukupnya.

Pelengkap : kerupuk, irisan daun bawang & seledri, irisan cakwe, kedele goreng, bawang goreng, kecap manis, sambal dll.

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, buang kulit dan lemaknya. Kalau perlu remas sebentar dengan air lemon supaya amisnya berkurang.
2. Rebus ayam, masukkan daun-daun, lengkuas, gula, garam dan merica. Masak hingga ayam empuk. Lalu pisahkan potongan ayamnya saja dari air kaldu.
3. Campur air kaldu dan nasi, masak hingga menjadi bubur sambil diaduk-aduk.
4. Goreng potongan ayam tadi setengah kering, suwir-suwir untuk topping bubur.
5. sajikan bubur dengan pelengkapnya, kalau ada tambahkan kuah soto ayam supaya lebih mantaf.
Post a Comment