Sunday, 3 January 2010

Masak Bareng : Chocolate Cake

Ada yang sempat baca status FB saya pada malam tahun baru ga ya?? Kalo ga sempat atau udah baca tapi lupa, ini saya segarkan lagi deh ingatannya :

"ga ada fireworks ataupun suara petasan. yg ada suara mixer dan tahun tetap berganti. Happy new year! (smoga tetangga ga tertanggu dgn suara mixer, hihihihi...)"

Ya begitulah acara malam tahun baru saya kemarin. Memberdayakan mixer dan peralatan baking demi cake request suami serta untuk dibawa ke rumah salah satu teman yang mengundang saya makan siang pada tanggal 2 Januari.

Saya bikin 2 loyang chocolate sponge cake, satu loyang didekor yang satunya cuma dioles cream sisa-sisa ngedekor aja. Cake dibawah ini, yang saya bawa ya.. Yang untuk di rumah, ga masuk tayang. Hehehe...
Resepnya sabar ya.... bakal diposting kok ;)
Bahan :
3 butir telur utuh
4 kuning telur
120 gr gula pasir
85 gr terigu
35 gr coklat bubuk
10 gr baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
80 gr margarin/butter, dicairkan
2 sdm susu cair

Cara membuat :
1. Campur terigu, coklat bubuk dan baking powder. Ayak lalu sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental berjejak. Tambahkan vanili.
3. Turunkan speed mixer, masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan margarin dan susu cair. Aduk dengan mixer speed paling rendah ataupun spatula. Aduk hingga benar-benar rata dengan cara aduk balik : gerakkan spatula dari pinggir hingga bagian tengah dasar wadah, lalu naikkan adonan dasar tersebut sampai ke permukaan adonan. Kalo belum tercampur rata, nanti akan terlihat margarin cair yg belum tercampur. Margarin yg masih terpisah inilah yang menyebabkan cake esring bantat.
*cara yang sering saya pakai untuk menghindari bantat : terigu dan margarin dimasukkan secara berseling sehingga saat mengaduk terigu, margarin pun ikut teraduk.
5. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm (bisa juga loyang persegi 18 cm), alasi dasarnya dengan kertas roti. Tuang adonan ke loyang, banting sedikit loyangnya agar gelembung udara di dalam adonan menjadi pecah.
6. Panggang pada suhu 180 C selama 10 menit, lanjutkan dengan suhu 170 C selama 15-20 menit. Atau sesuaikan dengan kondisi oven.
Post a Comment