Sunday, 19 December 2010

Egg Tart / Pie Susu

Udah lama pengen nyoba bikin pie ini tapi baru kesampaian kemarin. Soalnya udah ngiler liat pie susu yang ada di toko-toko kue. Awalnya pengen beli aja, tapi kok merasa tertantang untuk nyoba bikin sendiri. Kelihatannya bahan dan caranya ga ribet-ribet amat. Ternyata emang beneran gampang. Bikin yuuk..!

Pastry ini filling-nya campuran susu dan telur, sehingga ada yang menyebutnya pie susu. Rasanya yummy banget. Kulitnya juga renyah. Beberapa potong sempat saya beri taburan keju parut, tapi malah blenger. Jadi mendingan ga usah pake keju deh. Trus sebaiknya dinginkan dulu di kulkas beberapa menit sebelum dinikmati, dijamin rasanya semakin mantaaap!

Bahan kulit :
150 gr terigu all purpose
2 sdm maizena
1,5 sdm gula halus (saya ga pake)
100 gr butter / margarin
1 butir kuning telur
50 ml air es
sedikit garam halus (kalo pake unsalted butter)

Bahan filling :
200 ml susu cair
100 ml air
2-3 sdm gula pasir
2 butir telur
1 sdm susu kental manis
1 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
1. Buat kulit : campur terigu, maizena, gula halus dan margarin. Aduk dengan pastry knife atau dengan 2 buah garpu. Masukkan kuning telur. Aduk lagi sambil ditambahkan air es sedikit demi sedikit. Aduk terus hingga semua bahan tercampur rata.
2. Siapkan loyang pie mini, oles dengan margarin bila perlu. Ambil sekepal adonan kulit, pipihkan hingga hipis lalu letakkan pada loyang sambil ditekan-tekan.Rapikan pinggirnya. Lakukan hingga adonan kulit habis. Sisihkan.
3. Buat filling : panaskan susu, air dan gula cukup sampai terbentuk gelembung-gelembung di pinggirnya. Biarkan dingin. Campur telur, susu kental manis dan vinili lalu dikocok lepas. Masukkan adonan telur ke dalam susu dingin, aduk rata.
4. Masukkan adonan filling secukupnya ke dalam kulit. Kalo saya filling-nya kurleb 3/4 sendok sayur.
5. Panggang pada suhu 180 C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 170 C selama 10 menit.

untuk 14 potong.

Note :
  • Saat membuat adonan kulit, minimalkan kontak tangan langsung agar kulitnya renyah (tidak keras).
  • Perhatikan saat suhu oven diturunkan, bila fillingnya menggelembung berarti suhu masih terlalu panas, Jadi turunkan suhunya sedikit lagi.
Recipe source Cikciks modified by Shinta

8 comments:

Neyna Naya said...

pengen buat juga, mbk Shinta menggugah selera ini pie nya

Shinta said...

Halo Neyna... Thanks dah mampir. Iya, pie ini yummy banget. Apalagi filling custard-nya itu bikin kesannya jadi mewah. Selamat mencoba ya..

sewa mobil said...

wah pasti enak ya gan

sewa mobil murah said...

pienya kok susu ya yang lain nggak ada tha

Jennyfer said...

Mba Shinta, ini Jennyfer, ^^
Mau tanya kalau pakai densi renji yang ada oven nya juga bisa kan ?
Itu ovennya dipanaskan dulu sebelumnya berapa lama?
Terima kasih ^^

Shinta said...

Haloo Jenny ^^
Obun-renji kan maksudnya?! Bisa, tinggal sesuaikan aja suhunya.
Ovennya ga perlu dipanasin kok. Langsung aja, gpp.

Bikin buat siapa nih?? ^^

Anonymous said...

Mba kulitnya dipanggang dulu baru masukin isi bisa gak? Soalnya biasa aku bikin isinya pasti kempes.. thx

Shinta Octaviani said...

DEar Merry Chen,
Kalo kulitnya dipanggang dulu, aku pernah coba. Mungkin bisa aja sih...cuma resikonya, kulit bagian bawah akan lembek.
Kalo isinya kempes, bisa jadi oven terlalu panas. Coba suhu oven / api kompornya dikecilion sedikit.
Coba lagi yuuk ;)