Wednesday, June 11, 2008

Orange Chiffon Cake

Seringkali saat membuat kue atau masakan, kita mengabaikan ataupun mengganti (skip or substitute) sebagian bahan yang tertera pada resep. Terkadang tindakan itu tidak terlalu berpengaruh dengan hasil akhir yang diperoleh, tetapi tidak jarang hasilnya jauh sekali dari harapan alias gagal total.

Seperti orange chiffon cake yang saya buat ini, saya mengabaikan parutan kulit jeruk (orange and lemon peel), vanila extract dan air. Pas suami nyicipin saya tanya, "jeruk-nya terasa ga?" Jawabnya, "emang cake ini pake jeruk??!! Menurutku rasanya plain aja tuh." Hmm.. saya gagal total deh menghadirkan rasa jeruk pada chiffon cake.

Kayaknya kalo bikin cake ini, ga cukup pake orange juice. Perlu ditambahkan orange consentrate seperti Nutris***, SunQui** , orange essence dan sejenisnya deh, agar didapat cake yang benar-benar berasa jeruk. Buat yang pengen nyoba bikin, contek aja resep dibawah ini (sudah dimodifikasi sedikit dan disesuaikan dengan ukuran loyang yang saya punya :). Atau kalo pengen ngintip original version orange chiffon cake, silahkan.

Bahan A:
100 ml putih telur (kurleb 3 putih telur M size)
50 gr gula
1/4 sdt garam halus
1 sdt air lemon (pengganti Cream of Tartar)

Bahan B:
3 butir kuning telur (M size)
30 gr gula
60 gr terigu
10 gr tepung maizena
1 sdt baking powder
60 ml salad oil
60 ml orange juice
1 sdt parutan kulit jeruk (saya ga pake)
1 sdt parutan kulit lemon (saya ga pake)
1 sdt vanila extract (saya ga pake)

Cara membuat :
1. Bahan A : kocok putih telur sambil ditambahkan gula sedikit demi sedikit. Tambahkan garam dan air lemon. Kocok sampai kaku. Sisihkan.
2. Bahan B.
Kocok kuning telur dan gula sampai kental dan semua gula larut. Tambahkan campuran terigu, maizena dan baking powder yang sudah diayak. Selingi dengan penambahan orange juice, parutan kulit jeruk dan orange concentrate (kalau ada). Aduk rata. Setelah itu masukkan salad oil. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
3. Masukkan kocokan bahan A sedikit demi sedikit ke dalam kocokan bahan B sambil diaduk.
4. Tuang ke loyang chiffon diameter 17 cm. Panggang pada suhu 170 C selama 35 menit.
4. Setelah itu angkat, balikkan loyang (bisa juga sambil disanggah dengan botol) dan biarkan dingin hingga cake akan lepas dari loyang dengan sendirinya.

Note: oven ga saya preheat, hasilnya tetap ok kok ;)

9 comments:

Elsye said...

shintaa keren abiss ini chifoonnya..sumpah dehh..:D ngiler pengen bikin tapi takut gatot :(

Shinta said...

bikin aja mbak Elsye, biar ga kelamaan ngilernya :D

Ayin said...

ngenteni lyang sifonku sek lg iso gæ hihihi... wes tuku dr holland tp br dikirim lwt pos jumat kmrn,nek wes tekan tak contek yoooo :)

Shinta said...

mbak Ayin, monggo dicontek trus difoto sing apik yoo... :D

Judith said...

Diajeng, mau dunk Orange Chiffonnya ... Terlihat lembut banget dan pasti nyammmi ...

Met beraktivitas Jeng ^_^ ...

Anisa said...

ehm.... oishisou......
jeng akhir2 ini rajin banget ke dapur...dah ngidam kah ? hehehehe... *pingin tau aja...* happy week end ya

chenmarlin said...

chiffon cakenya bagus yah, menggoda, tp pernah gagal jadi takut coba lagi bikin chiffon.

Strawberry Fields said...

Jadi penasaran pengen coba neh...

sitaaa said...

klo ini kuenya di kukus, bisa gak? ovenku rusak.. hehe