Friday, 5 December 2014

Nasi Liwet Teri


Saya mengenal nasi liwet sejak tinggal di Cibinong. Sebelumnya tau nasi kuning, nasi uduk atau nasi gemuk (kalo di Sumatra). Nasi tersebut rasanya gurih sedap semua. Perbedaannya, nasi liwet tidak memakai santai. yang membuat gurih adalah tumisan bawang merah dan bawang putih yang dicampurkan dengan air saat memasak nasi.

Beberapa waktu lalu saya melihat foto teman yang sedang berpesta nasi liwet. Lengkap dengan ikan asin, sambal dan lalapan. Benar-benar membuat saya ngiler deh... Jadilah saya bikin nasi liwet tapi masaknya pake rice cooker aja. Lauknya saya pake bacem tempe tahu, balado terong dan lalapan. Wuiih.... sedap banget!! Suami saya juga sampe nambah-nambah makannya.

Sebenarnya nasi liwet lebih sedap kalo dimasak memakai panci khusus. Aduuh panci apa ya namanya??? Rasanya udah dikasih tahu, tapi kurang faamiliar dengan panci tersebut.
Lupakan soal panci, kita buat pake rice cooker aja yuuk. Mariii..... ;)

Bahan :
3 cup beras, dicuci bersih
3 siung bawang merah, diiris
2 siung bawang putih, diiris
100 gr (kurleb 4-5 sdm) teri medan, dicuci bersih
2 sdt garam
3 lembar daun salam
1 batang sereh, dimemarkan
2 cm lengkuas, diiris atau dimemarkan
2 sdm minyak untuk menumis
air secukupnya

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi, masukkan teri, aduk sebentar lalu angkat.
2. Masukkan beras ke dalam rice cooker.
3. Masukkan tumisan bawang dan teri serta bahan lainnya.
4. Tambahkan air untuk memasak nasi seperti biasa. Masak hingga matang. (aromi wanginya akan menyebar, bikin tambah lapar....hehehe).
5. Nikmati selagi hangat dengan lauk dan lalapan sesuai selera.
Post a Comment