Saturday, 13 December 2014

Beef Broccoli (Daging Cah Brokoli)


Ini salah satu olahan daging yang praktis. Tidak perlu banyak bumbu. Proses memasaknya juga tidak butuh waktu lama. Tapi rasanya tetap sedap. Dinikmati dengan nasi hangat kepul-kepul, hmmmm.... Menu ini salah satu andalan saya kalau ga bisa lama-lama di dapur.

Memangnya kapan ya saya berlama-lama di dapur?? Mungkin kalo pas ada order kue/cake. Tapi kalo untuk memasak menu sehari-hari, kapan ya??! :D Upps, salah fokus. Abaikan saja ya. Topiknya tentang daging dan brokoli kok malah ngelantur. Lanjut masak aja ah, biar cepat bisa makan

Bahan :
250 gr daging sapi
1 bongkol brokoli, potong per kuntum
1 buah tomat ukuran kecil, dibelah 4
1/2 butir bawang bombay, diiris
2 siung bawang putih, cincang kasar
2 cm jahe dimemarkan
1 sdt merica bubuk
4-5 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
400 ml (2 gelas) air
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya.
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
1. Iris daging sapi tipis-tipis. Untuk memudahkan, sebaiknya simpan dulu daging di dalam freezer hingga membeku, keluarkan lalu langsung diiiris. Cuci bersih, hingga airnya tidak lagi merah. Lalu tiriskan.
2. Rendam brokoli dengan air yang ditambah 1 sdt garam. Biarkan kurleb 5 menit. Tujuannya, bila ada ulat nanti akan terapung. Lalu cuci seperti biasa dan tiriskan.
3. Tumis bawang bombay, bawang putih, merica dan jahe hingga wangi. Masukkan irisan daging dan air. Masak hingga daging berubah warna.
4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula dan garam. Aduk hingga rata biarkan hingga mendidih kembali lalu masukkan potongan brokoli dan tomat.
5. Masak sambil diaduk rata dan kuahnya mengental. Angkat.
Post a Comment