Sunday, 30 November 2014

Vegetables Samosa


Samosa adalah pastry goreng atau panggang yang isinya gurih. Umumnya berbentuk segitiga tapi ada juga yang segiempat. Samosa berasal timur tengah yang kemudian populer hingga ke asia selatan (India dan Pakistan), sehingga bumbu kari terasa dominan pada isinya.

Sebenarnya di toko halal, dijual samosa isi sayuran dan daging yang siap saji, tinggal digoreng. Tapi saya kurang cocok dengan bumbu karinya. Mungkin karena saya terbiasa dengan bumbu yang minimalis (light), jadi terasa eneg saat makan bumbu kari yang cukup pekat.

Akhirnya saya mencoba membuat samosa sendiri. Isinya sayuran seperti yang biasa dibuat untuk isi pastel goreng. Bagian yang paling menarik adalah saat membentuk segitiga. A little bit tricky but fun :)  Saya pakai kulit lumpia ukuran 15x 15 cm, digunting jadi 3 bagian, Setelah dibentuk menjadi segitiga, jadinya samosa mini. Kalo mau agak besar, bisa pakai kulit lumpia yang lebih besar.


Bahan :
10 lembar kulit lumpia ukuran 15x15 cm.
Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Bahan isi :
4 buah kentang ukuran besar (kurleb 500 gr), dipotong dadu
1 buah wortel, dipotong dadu
2 tangkai seledri, diiris halus
3 siung bawang putih, dihaluskan
2 sdt merica bubuk
3 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 butr telur, diocok lepas
1 gelas (200 ml) air
3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
1. Buat bahan isinya lebih dahulu. cuci bersih bahan sayuran lalu tiriskan. Tumis bawang putih dan merica hingga wangi, Masukkan sayuran, air, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk-aduk agar sayuran empuk. Biarkan hingga airnya mengering lalu masukkan telur kocok, aduk cepat hingga rata. Masak sampai agak kering lalu angkat.
2. Ambil selembar kulit lumpia, gunting menjadi 3 bagian kecil dengan ukuran yang sama. Lakukan untuk semua kulit.
3. Tiap bagian kecil tersebut dibentuk segitiga, beri 1 sendok makan isi sayuran. Ratakan isinya hingga ke setiap sudut segitiga, lalu tutup dan rapatkan kulitnya dengan sedikit air. Lebih jelasnya silahkan liat foto berikut ini (urutannya searah jarum jam):
4. Lakukan untuk semua kulit, hingga semua isinya habis.
5. Panaskan minyak, goreng samosa hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan minyaknya. Nikmati selagi hangat dengan cocolan saus sambal.

Note : bila belum ingin digoreng, bisa disimpan di dalam freezer. Lalu biarkan di suhu ruang selama 15 menit sebelum digoreng. Caranya bungkus dengan plastik atau masukkan ke dalam wadah bertutup rapat. Tapi jangan ditumpuk, karena kulitnya bisa robek saat dilepaskan.

Post a Comment