Monday, 24 November 2014

Lumpia Isi Daging dan Sayur


Cuaca musim dingin tuh bawaannya sering lapar. Harus selalu sedia cemilan. Sambil belajarpun masih sempat ngemil. Karena kalo lapar jadi kurang konsentrasi belajarnya. Hehehe....

Cemilan yang gampang dibuat ya gorengan seperti bakwan, ubi goreng, pisang goreng. Tapi kadang pengen yang bisa disimpan di dalam freezer, jadi sekali bikin bisa untuk beberapa hari. So, dibuatlah lumpia isi daging. Bikin satu resep, dapat 25 potong. Digoreng seperlunya, sisanya disimpan dulu buat lain waktu.

Resepnya nurun dari blog mba Endang (Just Try & Taste), penjelasannya detil banget dan dilengkapi foto step by step sehingga mudah diikuti. Makasih udah berbagi resep ya mba Endang.. :)


Bahan:
- 25 buah kulit lumpia siap pakai, ukuran 15 x 15 cm

Bahan & bumbu untuk daging:
- 200 gram daging sapi cincang
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan untuk sayuran:
- 2 batang wortel ukuran sedang, serut kasar
- 3 genggam tauge ( 1 mangkuk sedang), bisa diganti kubis
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 batang seledri, rajang halus

Bumbu untuk menumis sayuran: 
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1 sendok makan soy sauce/kecap asin, optional
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan minyak wijen, optional
- 1 sendok teh kaldu bubuk, optional
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat: 
1. Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi cincang, dan semua bumbu untuk daging. Aduk rata menggunakan sendok. Tutup mangkuk dengan plastik atau penutup lainnya. Masukkan di kulkas selama 30 menit. 
2. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis daging yang telah dibumbui sambil terus diaduk-aduk hingga warna daging berubah tidak pink lagi. Masak hingga daging matang. Angkat dan sisihkan. 
3. Menggunakan wajan bekas menumis daging, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan jahe cincang hingga harum, aduk-aduk selama ditumis. Masukkan semua sayuran, aduk rata. Tambahkan kecap asin, saus tiram, merica bubuk, minyak wijen, kaldu bubuk, gula, dan garam. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu.
4. Masukkan tumisan daging ke dalamnya, aduk rata dan cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan.
5. Menggunakan sehelai kain tipis atau tissue dapur, peras tumisan daging dan sayuran hingga kering, tidak ada air dan minyak yang menetes. Cicipi rasanya, karena air berkurang maka biasanya tumisan menjadi kurang asin, tambahkan sedikit garam. 
6. Siapkan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dan peras kuat-kuat hingga air tidak menetes. Gunakan kain lembab ini untuk menutup kulit lumpia yang telah keluar dari plastik pembungkusnya. 
Ambil selembar kulit, hati-hati saat melepasnya karena walau kulit lumpia sangat lentur namun biasanya melekat kuat satu sama lain. Tarik perlahan hingga lepas. 
7. Letakkan selembar kulit di meja datar, beri satu sendok makan adonan isi pada salah satu ujung kulit, padatkan adonan isi agar tidak bertebaran dan mudah saat membungkusnya. Lipat kulit dibagian ujung hingga adonan isi tertutup. Lipat bagian kiri dan kanan kulit lumpia, tekan bagian adonan isi dengan ujung jari, rapikan lipatan kulit lumpia, kemudian gulung rapat-rapat. Basahi bagian ujung kulit dengan air agar kulit menempel dan tidak terbuka saat di goreng. Lakukan hingga adonan isi habis,  Tutup lumpia dengan kain lembab.
8. Panaskan minyak cukup banyak di wajan, goreng lumpia hingga kering kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lumpia ini sedap disantap dengan cocolan saus sambal yang manis pedas. 

Recipe source : Just Try & Taste.
Post a Comment