Thursday 6 March 2014

Talam ubi Kuning


Sebenarnya jajanan pasar yang satu ini sudah sering dinikmati tapi belum pernah bikin sendiri. Padahal bikinnya gampang banget lho... Ini akhirnya nyoba bikin sendiri karena punya sisa ubi kuning. Namanya sisa, ya tentu jumlahnya sedikit. Coba browsing resep, akhirnya kecantol sama resep kue talam ubi kuning Momylicious. Soalnya pemakaian ubi juga sedikit. Cocok deh... :D

Hasilnya kenyal-kenyal legit lembut dan enak! Sambil ngeluarin dari cetakannya aja, tanpa terasa saya sudah melahap 3 biji. Hahaha.....
Bahan A :
180 gr ubi kuning, dikukus lalu dihaluskan
40 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka
100 gr gula pasir
200 ml santan kental
2 butir telur
1/2 sdt garam

Bahan B (lapisan santan) :
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam

Cara membuat :
1. Campur semua bahan A, blender hingga tercampur rata. Kalo cara manual bisa juga mengaduk dengan bantuan hand whisker, cuma agak lama.
2. Dalam wadah lain, aduk rata semua bahan B.
3. Panaskan kukusan dan alasi tutupnya dengan serbet bersi. Siapkan cetakan yang telah diolesi dengan minyak.
4. Tuang adonan A sampai 3/4 tinggi cetakan, kukus selama 10 menit. Lalu tuang lapisan santan (adonan B). Kukus kembali selama 5-7 menit. Angkat, biarkan dingin lalu lepaskan dari cetakan.

Untuk 22 potong.

5 comments:

Momylicious said...

Assalamualaikum mbak Shinta....
wah keren bgt talamnya mulus dan cantik hihi...

*umpetin py sy....

Shinta Octaviani said...

Wa'alaikumsalam mbak Ayudiah,
Hihi...sy masih pake cetakan kue mangkok yg biasa itu. Next, mau coba pake silicon cup yang tahan panas tinggi. Kayanya lebih aman deh...
Nuhun resepnya ya..:)

Smart n Always Ciuss said...

selamat malam mbak Shinta, salam kenal sebelumnya. Mbak Shinta saya boleh tidak menulis ulang resep masakan di blog mbak ini, bukan kopi paste artikel mbak tapi resepnya saya jadikan sebagai bahan referensi untuk kategori resep di blog saya.
Untuk penulisan nanti tentu dengan bahasa saya sendiri dan blog saya formatnya custom jadi tidak akan mirip walau saya ambil bahan dari blog mbak, terima kasih jika di ijinkan. Blog saya ciuss.com dan di depan isinya adalah blog biasa tapi untuk ciuss.com/warungkita/ itu adalah contoh dri blog custom buatan saya tentang katalog warung makan pinggir jalan. Ide saya selanjutnya adl custom blog resep dan saya berharap mbak berbaik hati memberi ijin. untuk setiap bahan resep akan dituliskan linkback ke artikel yang dijadikan referensi (kalo di wikipedia namanya pranala luar), oke itu saja mbak dan ditunggu jawabannya.

Shinta Octaviani said...

Selamat malam admin Ciuss.com,
Saya berterima kasih atas pilihan anda pada blog ini. Dan silahkan memanfaat resep-resep yang ada, asalkan mencantumkan link aktif ke blog ini.

Perlu anda ketahui, dalam mempraktekkan resep kadang kala beda tangan akan beda pula hasilnya walaupun menggunakan resep yang sama persis. Sehingga beberapa orang perlu saran/tips/trik agar prakteknya berhasil. Itulah guna link aktif ke blog ini, sehingga bila ada pertanyaan saya bisa langsung menanggapinya.
Terima kasih.

Smart n Always Ciuss said...

Terima kasih atas ijinnya mbak shinta, minggu ini saya akan mulai menulis dan untuk link aktif oke saya setuju. Tidak masalah jika untuk keperluan pengunjung seputar masakan apalagi kan emang mbak pakarnya hehe...