Wednesday, 25 June 2014

Mensiasati Menu Berbuka Puasa dan Sahur

Tanpa terasa beberapa hari lagi kita akan mulai menjalani ibadah puasa Ramadhan. Untuk kelancaran ibadah di bulan tersebut, ada baiknya kita melakukan persiapan untuk urusan dapur dan makanan. Agar waktu bisa lebih banyak dimanfaatkan untuk melakukan amalan-amalan sunah.

Untuk contoh persiapan menu berbuka dan sahur sudah pernah posting, silahkan lihat di sana dan sini.

Selain itu ada juga makanan / lauk tambahan yang bisa disiapkan dari jauh-jauh hari. Seperti kering kentang, kering tempe, balado teri kacang, rolade, nugget dan abon. Makanan tersebut bisa disediakan dalam jumlah banyak dan tahan lama. Jadi saat kepepet tinggal tambah sayuran aja.

Selama bulan puasa saya sering mensiasati menu supaya tidak berlama-lama di dapur. Caranya dengan membuat porsi lebih banyak untuk makanan yang bisa disimpan di kulkas. Tapi tentu saja tidak dikonsumsi untuk hari yang berurutan ya?! Biar tidak bosan :D

Contohnya seperti menu ayam goreng. Biasanya saya mengungkep ayam untuk porsi 2-3 hari. Setelah diungkep sampai bumbu meresap, pisahkan menjadi 3 bagian menggunakan wadah tertutup (bisa juga dibungkus plastik). Lalu simpan di dalam freezer, kecuali bagian yang mau dikonsumsi saat itu. Nanti tinggal dikeluarkan kurleb 1 jam dari freezer (kalo ada microwave tinggal defrost aja), siap untuk digoreng. O iya, bumbu ungkepnya jangan dibiarkan mengering ya?! Sisakan sedikit, pisahkan juga dari potongan ayam trus simpan juga di freezer. Buat apa sih ?? Sisa bumbu itu nanti bisa dicemplungin ke dalam rebusan air, ditambah daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh nanti bisa jadi kuah soto. Tinggal tambahin daging ayam goreng yang disuwir-suwir, plus pelengkap menu soto ayam seperti soun, irisan kubis, toge, jeruk nipis, sambal dll.

Masakan lain yang bisa diperlakukan seperti itu adalah :
Rendang, simpan di freezer.
Bacem tempe/tahu, simpan di chiller aja, ga udah masuk freezer.
Telur pindang, simpan di chiller.
Empal gepuk sebelum digoreng, simpan di chiller.
Rolade ayam / tahu, simpan di freezer.

Untuk sayuran agak susah untuk disiasati seperti itu. Kalaupun ada, ya terbatas. Kalo di rumah saya, senangnya sayur bening sih (biar tenggorokan nyaman saat berpuasa). Bumbunya simple dan prosesnya juga cepat.

Semoga bermanfaat ya. Dan Dapur Mungil mengucapkan, Selamat Menjalani Shaum Ramadhan.

3 comments:

Cika Sugeng said...

Bagus banget Mbak blog nya, sangat bermanfaat buat ibu ibu baru seperti saya yang belum bisa masak dan belum punya pengalaman mengatur menu untuk suami. he he terima kasih share nya mbak sangat bermanfaat.. salam kenal ya..

wa2n tips said...

Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, cukup dari genggaman anda saja . Transaksi dapat dilakukan
melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM dan anda mendapatkan casback disetiap transaksi anda dan mitra di jaringan anda.
Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

wahyu hidayat said...

wah infonya keren n mantap kak ... kunjungi balik yee --> www.gratisiin.blogspot.com ... thank you .. :D