Tuesday 17 April 2012

Chiffon Cake : Tips & Trik

Ada beberapa komentar yang mampir ke inbox saya tentang cake ini. Sebagian besar, meminta tips agar tidak gagal dalam pembuatannya. Padahal saya juga masih sama-sama belajar dalam dunia baking terutama cake. Ya udah, saya kasih tips berdasarkan pengalaman aja ya...

Dari referensi yang saya baca, kunci sukses membuat chiffon cake ada pada kocokan putih telur.Untuk adonan kuning telur ga terlalu berpengaruh, asalkan takarannya tepat dan wadah pengaduknya bebas air dan lemak serta adonan dikocok sampai rata dan gula larut. Nah pada tips ini saya akan lebih banyak menekankan pada putih telurnya.

1. Pastikan wadah dan alat pengocok putih telur kering, bebas dari air dan lemak/minyak.

2. Loyang tidak perlu dioles dengan margarin.

3. Saat mengocok putih telur, jangan mencampur gula pasir sekaligus tetapi masukkan sedikit demi sedikit. Kalo sekaligus, adonan jadi berat saat dikocok dan susah naik. Saat putih telur mulai berbusa baru masukkan air jeruk nipis / lemon (pengganti cream of tartar).

4. Gunakan mixer dengan kecepatan rendah, kocok sampai mengembang kaku. Kalo skala kecepatannya ada 5, pake kecepatan skala 3 atau 2 aja. Ini supaya terbentuk soft peak, kalo kecepatan tinggi hasilnya cenderung hard peak. Pengalaman saya, kalo hard peak ntar hasil setelah cake dipanggang, permukaannya agak cekung. Kalo pake soft peak, permukaannya datar.
Putih telur yang soft ataupun hard peak, sama-sama mengembang kaku dan bila wadahnya dimiringkan, adonan tidak bergerak. Bedanya kalo soft peak, warna adonan putih mengkilap /shiny/glossy. Kalo hard peak, ga mengkilap.

5. Kocokan putih telur dimasukkan sedikit demi sedikit (kira-kira 4-5x masuk) ke dalam adonan terigu. Tiap kali dimasukkan sambil diaduk rata dengan sendok kayu atau whisker, jangan pake mixer listrik ya... Ambil busanya saja pake sendok jangan dituang langsung. Soalnya kocokan putih telur sering berair di dasar wadah. Air ini kalo tercampur dengan adonan terigu bikin bantat. Jadi cukup ambil adonan busanya aja.

6.Chiffon cake tidak perlu dipanggang pada suhu tinggi seperti sponge atau butter cake. Kalo suhu terlalu panas, cake cepat naik tapi permukaannya akan pecah. Sebaliknya kalo suhu agak direndahkan, cake naik perlahan-lahan dan permukaannya akan rata dan mulus.
Waktu masih tinggal di Jepang saya pake oven listrik 2 in 1 dengan microwave, untuk chiffon cake pake suhu 170 derajat Celcius selama 20 menit trus dilanjutkan suhu 160 derajat selama 10-15 menit. Di Cibinong saya masih pake oven tangkring (otang) merk Mickey Mouse yang ga ada pengatur suhunya. Tapi tetap bisa bikin chiffon cake loh.. :) Caranya dengan mengontrol api kompor (saya pake kompor gas). Di kompor saya, untuk cake lain (yang perlu suhu oven 180 derajat Celcius) pake skala api 3/4 dari api maksimum. Nah untuk chiffon, pakenya kurang dari 3/4 skala maksimum tetapi lebih dari 1/2 (medium). Smoga bisa dimengerti ya maksudnya. Memang butuh waktu pemanggangan sedikit lebih lama. Untuk loyang diameter 17 cm, kurleb 40 menit, tapi tetap suhunya saya turunkan pada 15 menit terakhir. Atau saat cake sudah naik sampai batas atas loyang, walaupun belum 25 menit kecilkan sedikit api kompornya. Ini biar adonan ga tumpah/luber saat dipanggang.

7. Setelah cake matang, biarkan dingin dengan meletakkan secara terbalik. Biasanya loyang chiffon dilengkapi kaki untuk menyangga secara terbalik. Bila loyang tidak ada kakinya, bantu dengan botol sebagai penyangga. Atau cara lainnya, diletakkan terbalik di atas rak kawat. Prinsipnya, diltakkan terbalik namun tetap ada aliran udara dan cake bisa turun sendiri. Biasanya saya dinginkan kurleb 4 jam. Bila cake belum bisa lepas sendiri, lepaskan dengan menyelipkan pisau tipis di bagian pinggirnya sambil diputar mengelilingi cake dan loyang bisa dilepaskan.

Smoga bisa membantu ya... Buat yang punya tambahan tips sukses membuat chiffon cake, silahkan berbagi di sini. Trims.


kerja di internet

10 comments:

mama sara nur @ Cik Nor said...

info yg bagus utk akak ni Chinta. sb penah wat chiffon tp x menepati hu hu
tq ye

Anonymous said...

cake nya cantik bgtkak, makasih tips nya,copy resepnya ya..salam..:-)

Unknown said...

Mba, sorrry sy sangat baru dlm bidang kue nih.. Kenapa loyangnya ga diolesi mentega dan terigu aja spy ga lengket ya? Atau pakai alas kertas roti? Makasih....

Unknown said...

Mba mo nanya ya... aku udah beberapa kali bikin chiffon cake hasilnya bagus sih cakenya gak bantet tapi kenapa seratnya rasanya agak kasar ya? itu kira2 masalahnya dimana ya mba?

Shinta Octaviani said...

@Petty Suwanto, untuk chiffon cake loyangnya tidak perlu dioles ataupun dialasi supaya mengembang sempurna dan tidak merosot saat loyang dibalik 8setelah dikeluarkan dari oven).

@unknown,
seratnya kasar gimana ya? apa banyak bolong-bolong? kalo sperti itu, kurang rata mengaduk kocokan putih telur dan adonan kuning telur.

Semoga membantu ya. Trims.

Priscilla said...

Salam kenal mbak Shinta :)
Mbak, biasanya sy kalo kocok putih telur pk kecepatan bertahap, rendah sampai akhirnya kec max. Sy mau tanya, kalo pk kec rendah berarti kocoknya cukup lama ya? Sy mau coba, siapa tahu hasilnya bisa lebih lembut. Oya, sifon coklatnya sy udah cobain, tp coklat bubuk & DCC nya sy tambahin (biasa, usil suka rombak2 resep hehe). Hasilnya enyaaaaaaaaak bngt.... Tx ya mbak, udah berbagi

Shinta Octaviani said...

Haloo Priscilla, salam kenal juga :)
Sebenarnya sy juga mengocok putih telur pake kecepatan bertahap. Hanya saja tidak sampai kecepatan maximal. Seringnya sampai 1 skala sebelum maximal. Durasinya ga lama kok, sekitar 7-8 menit untuk resep chiffon dgn 3-4 telur.

Selamat mencoba resep-resep Dapur Mungil yaa... Thanx dah mampir ;)

Unknown said...

Salam kenal Mbak shinta,

Sesuai pengalaman Mbak, kalo pemanggangya microwave oven, tepatnya Kita manggang Pake convection saja ato convection + microwave? Trus Pake panas berapa Dan brp lama?

Terima kasih Mbak shinta.

Salam,



Suryani

Shinta Octaviani said...

Salam kenal juga teh Suryani,
Waktu pakai microwave, di microwave saya dulu hanya ada pilihan "oven" atau "renji (microwave versi Jepang)". Jadi saya pake oven, set suhu 180 derajat Celcius. Mungkin bisa dicoba di microwave teh Suryani. pilih aja oven dgn penurunan suhu bertahap, suhu 180 selama 10 menit, terus lanjutkan dengan suhu 160 selama 30 menit.
Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Unknown said...

Salam kenal mba shinta..setelAh putus asa sama bbrp resep..keren banget pake resep mba cake nya langsung berhasil hehehe..rasa juga mantep mba...ma ksh banyak yah..jd seneng..😊