Monday, 9 February 2009

Ikan Bakar Kecap

Kalo dilihat dari penampakannya, ikan bakar kecap ini seperti gosong dan ga mengundang selera. Tapi kalo udah dicicip, jangan kaget kalo pengen nambah. Apalagi dicocol sama sambal, dijamin maknyos deh ;)

Ikannya saya pake ikan inada (ekor kuning) yang sudah dipotong dari supermarket, jadi ga perlu repot-repot motongin. Ikan lainnya juga bisa kok, sesuai selera aja.

Bahan :
10 potong ikan
1/2 buah jeruk nipis/lemon, ambil airnya
1 sdm margarin
6-8 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 butir cabe rawit (kalo suka pedas, silahkan ditambah)
1/2 ruas ibu jari jahe

Cara membuat :
1. Cuci bersih ikan, beri sedikit goresan pada potongan ikan bila perlu, lalu tiriskan.
2. Campur bumbu halus dengan kecap, margarin, air jeruk nipis/lemon dan garam. Aduk rata lalu balurkan dengan ikan. Diamkan kurleb 30 menit agar bumbu meresap.
3. Siapkan alat pemanggang/grill. Atur potongan ikan pada panggangan, olesi dengan sisa bumbu lalu bakar hingga matang.
4. Sajikan dengan sambal dan lalap.
Post a Comment